Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur

Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur

Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur/--www.istockphoto.com

Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur

RK ONLINE - Kebiasaan minum kopi seringkali diandalkan untuk menghindari kantuk dan meningkatkan energi. Namun, apakah Anda tahu apa efek minum kopi di malam hari? Studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun 2013 menyebutkan bahwa minum kopi dalam rentang tiga hingga enam jam sebelum tidur dapat merusak kualitas tidur. Mengonsumsi sekitar 400 miligram kafein dalam periode tersebut dapat mengganggu kualitas tidur dan bahkan mempersingkat waktu tidur sekitar satu jam.

 

Efeknya tidak berhenti di situ. Kebiasaan ini dapat menurunkan fungsi tubuh saat siang hari, membawa dampak negatif bagi kinerja dan kesejahteraan Anda.

BACA JUGA:Tips Cerdik Kemenkes, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Puasa Ramadhan

Untuk mengurangi risiko efek samping, disarankan untuk tidak minum kopi setelah pukul 17.00 dan mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar. Hal ini karena kafein dalam kopi memiliki dampak yang bervariasi terhadap kualitas tidur, antara lain:

 

- Menghambat reseptor adenosine, menyebabkan tubuh tetap waspada dan sulit mengantuk di malam hari.

- Mengubah ritme sirkadian tubuh, yang dapat memengaruhi jam internal tubuh hingga 40 menit.

- Memperburuk gejala kecemasan pada beberapa individu, membuat sulit bagi mereka untuk rileks sebelum tidur.

- Meningkatkan risiko serangan panik pada orang yang menderita gangguan kecemasan, terutama jika mengonsumsi lima cangkir kopi atau lebih.

BACA JUGA:Bukan Hanya Soal Rasa, Kopi Pahit Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Namun, bagi mereka yang bekerja di malam hari atau membutuhkan stamina ekstra, minum kopi di malam hari mungkin bermanfaat. Kopi dapat meningkatkan energi, mood, dan kinerja kognitif, membantu Anda tetap produktif meskipun di waktu malam.

 

Sumber: