Tips Cerdik Kemenkes, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Puasa Ramadhan

Tips Cerdik Kemenkes, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Puasa Ramadhan

Tips Cerdik Kemenkes, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Puasa Ramadhan/--www.istockphoto.com

Tips Cerdik Kemenkes, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Puasa Ramadhan

RK ONLINE - Puasa Ramadhan tak hanya tentang kewajiban beribadah, tapi juga membawa berbagai manfaat bagi tubuh, baik yang sehat maupun yang sedang mengidap penyakit tertentu, asalkan dilakukan dengan benar.

 

Puasa membawa manfaat dalam menstabilkan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta berperan sebagai antioksidan dan anti peradangan.

BACA JUGA:Tingkatkan Penampilan Hanya Dengan Menghindari Makanan Ini Untuk Mengurangi Efek Pipi Tembem

Untuk menjalankan puasa dengan sehat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah merumuskan tips cerdik yang patut diperhatikan.

 

Dalam sebuah webinar bertajuk 'Tips Puasa ala CERDIK', dr. Ngabila Salama, MKM, seorang praktisi Kesehatan Masyarakat dan staf di bidang Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kemenkes, menyampaikan beberapa tips penting:

 

Konsultasi dengan Dokter: Orang dengan kondisi medis tertentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai puasa. Dokter akan memberikan rekomendasi terkait penggunaan obat, dosis, dan waktu konsumsinya.

BACA JUGA:Jangan Coba-Coba, Studi Terbaru Mengungkap Efek Buruk Bagi Kesehatan Jika Tidak Tidur Sepanjang Malam

Disiplin pada Waktu Sahur: Waktu sahur sebaiknya sesuai dengan yang ditentukan, agar puasa berjalan lancar. Hindari sahur pada dini hari yang membuat waktu puasa lebih lama dari seharusnya.

 

Batas Konsumsi Makanan dan Minuman Manis: Batasi makanan dan minuman manis untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Kurangi juga asupan garam dan lemak.

Sumber: