Bukan Hanya Soal Rasa, Kopi Pahit Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Bukan Hanya Soal Rasa, Kopi Pahit Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Bukan Hanya Soal Rasa, Kopi Pahit Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan/--www.istockphoto.com

Bukan Hanya Soal Rasa, Kopi Pahit Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

RK ONLINE - Minuman kopi pahit sering kali tidak disukai karena rasanya yang khas. Namun, tahukah Anda bahwa kopi pahit dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?

 

Minum kopi pahit secara rutin telah terbukti membantu dalam menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, dan meningkatkan konsentrasi. Namun, bagi yang lebih sensitif terhadap kafein atau belum terbiasa minum kopi, mungkin akan mengalami beberapa efek samping seperti sakit perut, pusing, atau mual.

BACA JUGA:Tingkatkan Penampilan Hanya Dengan Menghindari Makanan Ini Untuk Mengurangi Efek Pipi Tembem

Berikut adalah beberapa manfaat minum kopi pahit bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, seperti yang dirangkum dari WebMD dan Healthline:

 

Menurunkan Risiko Kanker: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati, kanker endometrium, dan kanker usus.

 

Menurunkan Risiko Penyakit Neurodegeneratif: Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif, sehingga dapat melindungi dari risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kemampuan kognitif terkait usia.

BACA JUGA:Jangan Coba-Coba, Studi Terbaru Mengungkap Efek Buruk Bagi Kesehatan Jika Tidak Tidur Sepanjang Malam

Mencegah Risiko Sirosis Hati: Selain melawan risiko kanker hati, kopi juga terbukti melindungi hati dari sirosis, penyakit lever kronis yang disebabkan oleh fibrosis.

 

Menurunkan Risiko Diabetes: Minum kopi dalam jumlah tertentu per hari dapat melindungi tubuh dari risiko diabetes tipe 2. Namun, hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam kopi untuk memperoleh manfaat ini.

Sumber: