Fokus Terhadap Motor Listrik, 2024 PLN Berencana Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Fokus Terhadap Motor Listrik, 2024 PLN Berencana Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Fokus Terhadap Motor Listrik, 2024 PLN Berencana Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik /--inews.co.id

Fokus Terhadap Motor Listrik, 2024 PLN Berencana Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik 

RK ONLINE - Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berupaya mendukung percepatan program elektrifikasi nasional dengan meningkatkan ekosistem kendaraan listrik. Salah satu rencana besar yang digagas adalah penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai titik strategis, terutama di kantor-kantor layanan PLN.

 

PLN akan lebih berfokus pada motor listrik di tahun 2024. Mereka berencana menyediakan area SPKLU khusus untuk roda dua, dengan akses mudah dan jumlah charger yang lebih banyak.

BACA JUGA:PT EMI Rilis Mazda CX-3 Terbaru 2024 yang Dilengkapi Fitur Baru, Cek Harganya di Sini!

Manager Business Retail PT PLN (Persero) Megantara Vilanda, menjelaskan bahwa rencana ini sudah mulai direalisasikan di beberapa kantor pusat PLN. Mereka berharap penyebarannya dapat merata seiring berjalannya waktu.

 

"Kami mempertimbangkan membuat area khusus untuk motor listrik saja di semua kantor PLN, mengingat jumlah penggunanya semakin banyak, baik itu pribadi atau ojol," ujar Megantara seperti dilansir dari Kompas.com.

 

Menurut Megantara, rencana ini diharapkan mampu mengatasi kesulitan pengguna motor listrik di Indonesia terkait pengisian daya. Dia menambahkan bahwa pengguna mobil listrik cenderung lebih mudah dalam pengisian daya karena lubang colokannya sudah terstandardisasi, namun hal ini belum terjadi pada sebagian besar model motor listrik.

BACA JUGA:Bisa Ganti-Ganti, Infinix Hadirkan Teknologi E-Color Shift Khusus Ponsel Gaming Berkemampuan Berubah Warna

"SPKLU menggunakan nozzle standar yang sudah ditetapkan pemerintah, sedangkan motor listrik masih menggunakan konektor khusus. Inilah yang ingin kami bantu selesaikan," ujarnya.

 

Megantara optimis bahwa program bantuan ini dapat terealisasi penuh pada tahun 2024. Salah satu keunikannya adalah SPKLU khusus motor listrik akan menjadi gratis dan dapat diakses 24 jam.

Sumber: