Hasil Penelitian Ungkap, Olahraga Jogging dan Menari Efektif Mampu Kurangi Gejala Depresi

Hasil Penelitian Ungkap, Olahraga Jogging dan Menari Efektif Mampu Kurangi Gejala Depresi

Hasil Penelitian Ungkap, Olahraga Jogging dan Menari Efektif Mampu Kurangi Gejala Depresi/--www.istockphoto.com

Hasil Penelitian Ungkap, Olahraga Jogging dan Menari Efektif Mampu Kurangi Gejala Depresi

RK ONLINE - Studi terbaru yang dimuat dalam jurnal BMJ edisi Februari 2024 mengungkapkan bahwa olahraga, seperti jogging, menari, dan latihan beban, dapat efektif mengurangi gejala depresi pada orang dengan kondisi tersebut. 

 

Temuan ini memberikan harapan baru bagi mereka yang menderita depresi ringan, menawarkan alternatif yang lebih terjangkau selain terapi psikologis atau obat-obatan.

BACA JUGA:Ternyata Ubi Jalar Adalah Makanan yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 14.000 partisipan yang mengalami depresi, beberapa jenis olahraga terbukti paling efektif dalam mengurangi gejala depresi. 

 

Aktivitas menari menunjukkan penurunan depresi yang paling besar dibandingkan dengan perawatan biasa, sementara olahraga seperti jogging, berjalan kaki, yoga, dan latihan ketahanan juga terbukti memberikan manfaat yang signifikan.

 

Menariknya, penelitian ini juga menemukan bahwa yoga lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi pada orang yang lebih tua, sementara latihan ketahanan lebih bermanfaat bagi orang muda. 

BACA JUGA:Jahe, Rempah Ajaib yang Dapat Membantu Atasi Diabetes

Sementara itu, olahraga berat seperti berlari atau latihan interval memberikan manfaat terbesar bagi orang yang sedang mengalami depresi, meskipun disarankan hanya bagi mereka yang tidak memiliki gangguan kesehatan tertentu.

 

Para peneliti, dipimpin oleh Benson Hoffman Ph.D., menjelaskan bahwa meski belum dipahami secara jelas mengapa olahraga dapat mengurangi gejala depresi, namun kombinasi beberapa faktor diyakini berperan. 

Sumber: