Jahe, Rempah Ajaib yang Dapat Membantu Atasi Diabetes

Jahe, Rempah Ajaib yang Dapat Membantu Atasi Diabetes

Jahe, Rempah Ajaib yang Dapat Membantu Atasi Diabetes/--www.istockphoto.com

Jahe, Rempah Ajaib yang Dapat Membantu Atasi Diabetes

RK ONLINE - Jahe, salah satu rempah khas yang sering kita temui di dapur, ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk diabetes. 

 

Jahe, yang berasal dari tanaman Zingiber officinale, dapat dikonsumsi mentah atau dimasak, dan mengandung lebih dari 100 senyawa aktif, seperti gingerol, shogaol, dan paradol, yang dianggap berpengaruh atas manfaat kesehatannya.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini Hanya Dengan Perawatan Kulit yang Tepat

Mengutip informasi dari Health, artikel ini akan menjelaskan secara mudah bagaimana jahe dapat bermanfaat dalam pengobatan diabetes secara alami.

 

- Mengontrol Gula Darah: Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal produk alami Planta Medica pada Agustus 2012, ekstrak jahe Buderim dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah jangka panjang bagi penderita diabetes tipe 2. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak jahe ini dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot tanpa menggunakan insulin, sehingga membantu mengelola kadar gula darah tinggi.

 

- Sekresi Insulin: Dalam European Journal of Pharmacology pada Desember 2009, penelitian menunjukkan bahwa dua ekstrak jahe, yaitu spissum dan ekstrak yang berminyak, dapat berinteraksi dengan reseptor serotonin untuk meningkatkan sekresi insulin. Pengobatan diabetes dengan ekstrak ini dapat menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan kadar insulin plasma.

BACA JUGA:Cuaca Panas Menyengat, Segera Lindungi Kulit Kamu dari Dampak Cuaca Panas Dengan Cara Ini

- Mencegah Katarak: Studi yang dipublikasikan dalam Molecular Vision pada Agustus 2010 menunjukkan bahwa konsumsi jahe dalam dosis kecil setiap hari dapat membantu menunda timbulnya dan perkembangan katarak, salah satu komplikasi diabetes yang berhubungan dengan penglihatan.

 

- Mencegah Penyakit Jantung: Diabetes sering kali berhubungan dengan risiko penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner. Suplemen jahe juga telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, termasuk penderita diabetes.

Sumber: