Olahraga 4 Menit Sehari Bisa Membantu Jaga Kesehatan Otak, Buktikan Sekarang!

Olahraga 4 Menit Sehari Bisa Membantu Jaga Kesehatan Otak, Buktikan Sekarang!

Olahraga 4 Menit Sehari Bisa Membantu Jaga Kesehatan Otak, Buktikan Sekarang!/--www.istockphoto.com

Olahraga 4 Menit Sehari Bisa Membantu Jaga Kesehatan Otak, Buktikan Sekarang!

RK ONLINE- - Menjaga pikiran tetap tajam saat bertambahnya usia menjadi perhatian utama bagi banyak orang. National Institute on Aging menegaskan bahwa meskipun demensia memengaruhi jutaan orang, itu bukanlah bagian normal dari proses penuaan.

 

Namun, ada kabar baik. Sebuah studi baru mengungkap bahwa olahraga empat menit sehari dapat membantu menjaga otak tetap muda.

 

Penelitian ini, yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer's Disease, melibatkan 10.125 partisipan sehat berusia antara 18 dan 97 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang atau berat memiliki volume otak yang lebih besar.

BACA JUGA:Peneliti Ungkap Efek Minum Kopi Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur

Bahkan, peserta yang berolahraga kurang dari empat menit sehari juga menunjukkan peningkatan volume otak. Dr. Cyrus A. Raji dari Universitas Washington di St. Louis menyebut temuan ini sebagai "ambang batas olahraga yang sangat rendah".

 

Menurut peneliti, melakukan setidaknya 25 menit aktivitas fisik per minggu tampaknya dapat dicapai oleh sebagian besar orang. Bahkan melakukan kurang dari 4.000 langkah sehari dapat memberikan dampak positif pada kesehatan otak.

 

Meskipun belum jelas apakah olahraga secara langsung menyebabkan otak lebih besar, para peneliti optimis dengan hasil ini. Mereka menganggap bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi peradangan di otak dan menciptakan sel-sel otak dan pembuluh darah baru.

BACA JUGA:Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mampu Dijadikan Obat Alami Pereda Mual

Dengan kata lain, olahraga bisa membantu memfasilitasi "cadangan struktural otak" yang melindungi kita saat otak mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Sumber: