GAWAT! Data Dinkes Menyebutkan Nyaris 1.000 Orang Warga Kepahiang Mengidap Diabetes

GAWAT! Data Dinkes Menyebutkan Nyaris 1.000 Orang Warga Kepahiang Mengidap Diabetes

GAWAT! Data Dinkes Menyebutkan Nyaris 1.000 Orang Warga Kepahiang Mengidap Diabetes--Jimmy Mayhendra

GAWAT! Data Dinkes Menyebutkan Nyaris 1.000 Orang Warga Kepahiang Mengidap Diabetes

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu mencatat kalau saat ini, nyaris 1.000 orang warga Kepahiang mengidap diabetes.

Berdasarkan data tahunan yang dimiliki Dinkes Kepahiang tersebut, tahun 2023 lalu sudah ada sebanyak 982 orang warga Kepahiang yang dinyatakan mengidap diabetes.

BACA JUGA:Polres Kepahiang Terima 3 Laporan Pencurian, Kasat Reskrim: Pelakunya Hanya 1 Orang!

Kadis Kesehatan Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si mengatakan bahwa dari jumlah total warga kepahiang yang mengidap diabetes tersebut, sebaran tertinggi terjadi di wilayah kerja Puskesmas Pasar Kepahiang.

"Untuk jumlah total orang Kepahiang yang mengidap diabetes ini sebanyak 982 orang. Untuk sebaran paling banyak ada di wilayah kerja Puskesmas Pasar Kepahiang," ujar Tajri, Jumat 15 Maret 2024.

Masih berdasarkan data yang sama, Dinkes Kepahiang mencatat kalau khusus untuk wilayah kerja Puskesmas Pasar Kepahiang ini, sebaran masyarakat yang mengidap diabetes mencapai 21,7 persen atau sebanyak 213 orang.

BACA JUGA:Dijamin Paling Murah, Ini 7 Tips Membeli Tiket Pesawat Mudik Lebaran Tahun 2024

"Dari jumlah keseluruhan, wilayah kerja Puskesmas Pasar kepahiang adalah yang paling banyak. Totalnya ada 213 orang yang mengidap diabetes," lanjutnya.

Sekedar informasi bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Akan tetapi, pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Glukosa dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Namun pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

BACA JUGA:Sesuai UU 20 Tahun 2023, ASN Pria Bakal Mendapatkan Hak 'Cuti Melahirkan'

Glukosa yang tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menumpuk dalam darah. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang berisiko mengancam nyawa penderitanya.

 

Sumber: