Kado Spesial Tahun Baru 2024 dari Pemerintah Untuk Tenaga Honorer

Kado Spesial Tahun Baru 2024 dari Pemerintah Untuk Tenaga Honorer

Kado Spesial Tahun Baru 2024 dari Pemerintah Untuk Tenaga Honorer/--www.jawapos.com

Pemerintah telah membuka 80% kuota PPPK di dalam rekrutmen CASN 2023, khusus bagi eks tenaga honorer dan non-ASN. Kuota tersebut terdiri dari formasi khusus bagi eks tenaga honorer dan kuota umum berdasarkan Nilai Ambang Batas serta peringkat terbaik.

 

Dalam seleksi CASN tahun ini, pemerintah membuka 572.496 formasi, termasuk 78.862 ASN di instansi pemerintah pusat dan 493.634 ASN di pemerintah daerah.

BACA JUGA:Resep Ikan Bakar, BBQ Tahun Baru 2024 Semakin Nikmat dan Seru!

Antusiasme masyarakat terhadap peluang menjadi CASN masih tinggi. Sebanyak 2.409.882 orang mendaftar, melampaui kuota yang tersedia sebesar 420%.

 

Proses Validasi Data Tenaga Honorer untuk Pengangkatan Langsung

Kementerian PANRB sedang melakukan validasi data tenaga honorer untuk diangkat langsung menjadi ASN. Sekitar 3 juta tenaga non-ASN sedang dalam tahap validasi oleh BKN. Mereka yang lolos akan dimasukkan ke dalam platform khusus untuk dipantau kinerjanya.

 

Pengangkatan akan dilakukan berdasarkan pemeringkatan kinerja, bukan ambang batas nilai, dengan harapan mereka yang berkinerja terbaik akan menjadi prioritas diangkat menjadi PPPK penuh waktu pada tahun mendatang.

BACA JUGA:PP Manajemen ASN: Langkah Tegas Pemerintah Untuk Proses Pengangkatan 2,3 Juta Honorer Jadi PPPK

Seleksi CASN yang Lebih Fleksibel ke Depan

Pengadaan CASN ke depan akan lebih fleksibel. BKN menyatakan bahwa seleksi CASN bisa dilakukan sampai tiga kali dalam satu tahun, memanfaatkan aturan baru yang memungkinkan pembukaan seleksi ASN yang lebih sering.

 

Aturan baru ini dirancang mengingat banyaknya kekosongan jabatan ASN yang diisi oleh tenaga honorer. Proses penyusunan aturan turunan untuk mendukung UU tersebut masih dalam proses oleh pemerintah.

Sumber: