Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini

Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini

Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini/--www.shutterstock.com

Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali sebagaimana terdapat dalam Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi.

 

Walaupun merupakan amalan yang sederhana, doa ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah SAW menyatakan bahwa siapa pun yang membaca doa tersebut di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi sebanyak tiga kali, Allah akan mengampuni dosanya sebanyak buih di lautan.

 

Selain membaca doa di pagi hari, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa di hari Jumat hingga sore hari karena keutamaan hari tersebut. Salah satu doa yang dianjurkan pada hari Jumat setelah Ashar adalah:

BACA JUGA:Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa

"اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ"

 

(Arab latin: Allahumma Anta Rabbi laa ilaaha illa Anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'udzu bika min syarri ma shona'tu. Abu'u bi ni'matika wa abu'u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa Anta.)

 

Artinya: "Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada Tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmat-Mu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

 

Doa ini dimaksudkan untuk mengharapkan keberkahan dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Amalan-Amalan Jumat Untuk Menggugurkan Dosa Menurut Ustaz Adi Hidayat

Selain berdoa, terdapat beberapa amalan lain yang juga bisa dilakukan di hari Jumat seperti mandi Jumat, memotong kuku dan mencukur kumis, segera menuju masjid untuk shalat Jumat, berpakaian rapi dan bersih, menggunakan parfum, memperbanyak shalawat, membaca Surat Al-Kahfi, memperbanyak kebaikan, dan masih banyak lagi.

Sumber: