Selain Lindungi Diri dari Fitnah Dajjal, Berikut Ini Sederet Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Selain Lindungi Diri dari Fitnah Dajjal, Berikut Ini Sederet Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Selain Lindungi Diri dari Fitnah Dajjal, Berikut Ini Sederet Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat /---publikbicara.com

Selain Lindungi Diri dari Fitnah Dajjal, Berikut Ini Sederet Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat 

RK ONLINE - Dalam agama Islam, membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat merupakan amalan yang memiliki keutamaan istimewa. Salah satu keutamaan yang sangat terkenal adalah bahwa orang yang membaca Surat Al-Kahfi setiap hari Jumat akan mendapatkan perlindungan dari fitnah Dajjal, salah satu makhluk misterius yang muncul di akhir zaman.

 

Dajjal, menurut ajaran Islam, dianggap sebagai makhluk yang penuh tipu daya, godaan, dan mampu melakukan mukjizat palsu. Fitnah Dajjal dianggap sebagai ujian besar bagi umat Islam. Oleh karena itu, membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat dianggap sebagai salah satu bentuk perlindungan dari fitnah Dajjal.

BACA JUGA:Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keutamaan membaca Surat Al-Kahfi, penting untuk memahami anjuran membaca surat ini. Diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, ia berkata, "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka Allah SWT akan menyinarinya dengan cahaya di antara dia dan rumah yang penuh dengan keindahan." (Sunan Ad-Darimi, 3273).

 

Membaca Surat Al-Kahfi pada malam atau hari Jumat adalah amalan sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Ada beberapa keutamaan penting yang terkait dengan membaca Surat Al-Kahfi, termasuk perlindungan dari fitnah dan banyak manfaat lainnya.

 

- Terhindar dari Fitnah Dajjal: Salah satu keutamaan paling terkenal dari membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat adalah perlindungan dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

BACA JUGA:Amalan-Amalan Jumat Untuk Menggugurkan Dosa Menurut Ustaz Adi Hidayat

- Diterangi Cahaya Kebaikan: Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat pembacanya diterangi cahaya kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

 

- Diampuni Dosanya: Membaca Surat Al-Kahfi juga membawa keutamaan diampuni dosa-dosanya. Hadis menyatakan, "Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

Sumber: