Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa

Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa

Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa/---www.gramedia.com

Bertabur Pahala, Ini 8 Amalan Sunnah Hari Jumat Sebagai Hari yang Istimewa

RK ONLINE - Hari Jumat di dalam Islam disebut sebagai sayyidul ayyam (penghulunya hari), yang memiliki kedudukan istimewa di antara hari-hari lain dalam seminggu. Hari Jumat adalah momen yang dihormati oleh umat Islam, dan ada amalan khusus yang dianjurkan dalam syariat untuk dilakukan pada hari ini. Berikut adalah beberapa amalan sunnah di Hari Jumat:

 

1. Mandi Jumat

Amalan pertama yang dianjurkan adalah mandi Jumat. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya." Kesunnahan mandi Jumat berlaku untuk semua orang, termasuk anak kecil, hamba sahaya, perempuan, dan musafir yang berniat untuk menghadiri sholat Jumat.

BACA JUGA:Amalan-Amalan Jumat Untuk Menggugurkan Dosa Menurut Ustaz Adi Hidayat

2. Bergegas Menuju Tempat Sholat Jumat

Dianjurkan untuk berangkat menuju tempat sholat Jumat sejak terbit fajar di pagi hari Jumat. Seseorang yang lebih awal berangkat mendapatkan pahala lebih dari orang yang datang kemudian. Namun, anjuran ini berlaku untuk semua kecuali imam, yang disarankan untuk tiba sedikit kemudian agar dapat mengikuti sunah Rasulullah.

 

3. Memakai Pakaian Putih

Rasulullah SAW juga menyarankan untuk memakai pakaian berwarna putih pada hari Jumat. Beliau bersabda, "Pakailah dari pakaian kalian yang berwarna putih, karena sesungguhnya pakaian putih termasuk pakaian terbaik bagi kalian."

 

4. Membersihkan Tubuh

Pada hari Jumat, ada anjuran untuk membersihkan tubuh dengan mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, menggunting kumis, memotong kuku, bersiwak, dan menghilangkan bau badan.

Sumber: