Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini

Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini

Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini/--www.shutterstock.com

Jumat Berkah, Awali Pagi Jumat Dengan Doa Ini

RK ONLINE - Hari Jumat di dalam Islam disebut sebagai sayyidul ayyam atau penghulu hari, yang penuh berkah dan dianjurkan untuk berdoa. Bagaimana seharusnya bacaan doa di hari Jumat pagi dalam ajaran Islam?

 

Menurut laman resmi Nahdlatul Ulama, hari Jumat dalam Islam dianggap istimewa, dinamai hari penghulu oleh Allah SWT yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi sebelumnya. Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan hadis dari Sa'ad bin 'Ubadah yang menggambarkan keagungan hari Jumat dalam Islam.

BACA JUGA:Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

Hari Jumat memiliki lima keutamaan: pada hari itu Allah menciptakan Nabi Adam, mengeluarkannya dari surga ke bumi, dan juga saat wafatnya Nabi Adam. Di hari Jumat, ada waktu di mana Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahim. Kiamat juga akan terjadi di hari Jumat, dan semua entitas seperti malaikat, langit, bumi, angin, gunung, dan batu merasa khawatir akan terjadinya kiamat saat hari Jumat tiba.

 

Oleh karena keutamaannya ini, umat Islam dianjurkan untuk melakukan dzikir, shalawat, dan doa pada hari Jumat. Berikut adalah bacaan doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk dibaca pada pagi hari Jumat:

 

"أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ"

(Arab latin: Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.)

 

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada Tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.

BACA JUGA:Selain Lindungi Diri dari Fitnah Dajjal, Berikut Ini Sederet Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Sumber: