Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala/---radarkepahiang.id

- Membacakan Surat Yasin

Selanjutnya sunah malam Jumat lainnya yakni membacakan surat Yasin. Membacakan surat Yasin juga menjadi salah satu sunah malam Jumat yang sangat berpahala. Terdapat berbagai keutamaan membaca surat Yasin, yakni Allah berjanji mengabulkan permintaan kita seperti disebutkan dalam HR Abu Daud dari al-Habr.

 

"Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." HR Abu Daud dari al-Habr.

BACA JUGA:Usai Menang Atas Kaum Rum dan Berbagi Harta Rampasan, Kemunculan Dajjal Getarkan Umat Islam!

- Berhubungan Suami Istri

Bagi sebagian ulama, berhubungan suami istri juga menjadi salah satu ibadah sunah malam Jumat. Misalnya Imam Al Ghazali yang mengatakan kalau berhubungan suami istri malam Jumat, lebih memiliki keutamaan dibandingkan malam lainnya. Menurutnya kalau harus memilih hari berjima atau berhubungan suami istri, adakah keutamaan malam Jumat dibandingkan malam-malam lainnya? Untuk kasus ini diperkuat dengan merujuk pada hadis sah riwayat Tirmidzi nomor 496, An-Nasai 3/95-96, Ibnu Majah nomor 1078 dan Ahmad 4/9 yang artinya sebagai berikut:

 

"Barangsiapa berhubungan suami istri sehingga mewajibkan mandi pada hari Jumat, kemudian diapun mandi lalu bangun pagi dan berangkat (ke masjid) pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendara, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan khutbah dengan seksama tanpa sendau gurau, niscaya ia mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa dan shalat malam harinya," HR. Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad.

BACA JUGA:Berlangsung 4 Hari, 3 Hari Islam Dibantai Kaum Rum dan Menang Telak Pada Perang Hari Terakhir!

Akan tetapi, pendapat berbeda ada juga dari ulama lainnya. Seperti pendapat Syekh Wahbah Az-Zuhayli yang merupakan ulama Ahlussunnah dunia di Damaskus Suriah, menyebutkan bahwa Rasulullah tidak menganjurkan suami-istri mengkhususkan malam Jumat untuk berhubungan badan.

 

"Di dalam sunah tidak ada anjuran berhubungan seksual suami-istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyatakan anjuran hubungan seksual di malam Jumat," dikutip dari buku Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh pada cetakan ke 2 tahun 1985 M/1305, Beirut, Darul Fikr, juz 3 halaman 556.

Sumber: