Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala/---radarkepahiang.id

Bukan Cuma Berhubungan Suami Istri, Berikut Ini 5 Ibadah Sunah Malam Jumat yang Tak Kalah Berpahala

RK ONLINE - Melaksanakan ibadah sunah termasuk ibadah sunah malam Jumat, merupakan sesuatu yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Namun selain berhubungan suami istri bagi yang terikat pernikahan secara sah, terdapat beberapa ibadah sunah malam Jumat yang juga tidak kalah nikmat dan berpahala. Oleh sebab itu, menjalankan ibadah sunah malam Jumat, sangat dianjurkan bagi umat muslim.

 

Seperti yang diriwayatkan Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad dari Sa'ad bin 'Ubadah. Karena sesungguhnya, hari Jumat merupakan hari di mana Nabi Adam diciptakan, Nabi Adam masuk ke dalam surga dan pada hari jumat juga, Nabi Adam dikeluarkan dari dalam surga. 

BACA JUGA:Bunuh Diri Makin Marak Islam Solusinya

Bukan cuma itu saja, dalam Al Quran juga diterangkan kalau sebenarnya, hari kiamat juga akan dijatuhkan pada hari Jumat. Ditambah dengan banyaknya alasan lain, hari Jumat termasuk malam Jumat akhirnya menjadi hari yang spesial dan penuh berkah.

 

Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad pernah meriwayatkan hadis yang artinya, "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri," demikian dilansir dari nu.or.id.

 

Adapun beberapa ibadah sunah malam Jumat tersebut adalah sebagai berikut:

- Salat Tahajud

Salat Tahajud salah satu dari beberapa ibadah sunah malam Jumat. Sebab Allah SWT memberikan berkah dan rahmat yang besar bagi umatNYA yang bersedia ihklas dan konsisten menjalankan salat tahajud, terutama salat tahajud malam jumat. Allah SWT berfirman dalam Surat Al Isra ayat 79 yang maksudnya adalah mengangkat orang-orang yang melaksanakan sunah salat tahajud ke tempat terpuji.

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Ternyata Ada Tanda-Tanda Rezeki yang Membawa Azab dari Allah SWT

"Dan pada sebagian malam, dirikanlah salat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," QS Al-Isra ayat 79.

Sumber: