Menggunakan Sistem Ini, Meta Kembali Tingkatkan Keamanan Pesan di Facebook dan Messenger

Menggunakan Sistem Ini, Meta Kembali Tingkatkan Keamanan Pesan di Facebook dan Messenger

Menggunakan Sistem Ini, Meta Kembali Tingkatkan Keamanan Pesan di Facebook dan Messenger/---www.freepik.com

Menggunakan Sistem Ini, Meta Kembali Tingkatkan Keamanan Pesan di Facebook dan Messenger

RK ONLINE - Meta, perusahaan induk Facebook, telah memenuhi janjinya untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna Messenger dan Facebook. Sejak 2016, fitur enkripsi end-to-end encryption (E2EE) telah hadir di Messenger, tetapi sebelumnya pengguna harus mengaktifkannya secara opsional. Kini, semua percakapan akan secara default dienkripsi oleh sistem E2EE.

 

Fitur E2EE ini berlaku untuk semua percakapan teks dan suara di Messenger serta Facebook. Hal ini berarti isi pesan hanya bisa diakses oleh pengirim dan penerima pesan, tidak dapat diakses oleh pihak lain.

BACA JUGA:Teruji! Begini Cara Antisipasi Kehilangan Akun Sosial Media WhatsApp, Instagram dan Facebook

Loredana Crisan, Kepala Messenger, menjelaskan dalam blog resmi Meta bahwa implementasi E2EE secara default memerlukan waktu yang lama untuk memastikan kelancaran penggunaan fitur ini.

 

"Para engineer, kriptografer, desainer, ahli kebijakan, dan manajer produk kami telah bekerja tanpa henti untuk membangun kembali fitur-fitur Messenger," tulis Crisan. Dia juga menekankan bahwa meskipun ada aktivasi E2EE, fitur lain seperti tema dan reaksi kustom masih dapat digunakan sambil memastikan pesan terenkripsi.

 

Dengan adanya E2EE, setiap pesan yang dikirim melalui Messenger dan Facebook akan terkunci oleh enkripsi dan hanya dapat dibuka oleh penerima. Ini juga berarti Meta tidak dapat mengintip pesan atau memberikan akses ke pihak lain.

BACA JUGA:Pusing Banyak Iklan, Sekarang Facebook dan Instagram Buat Aturan Berlangganan Bebas Iklan

Mark Zuckerberg, CEO Meta, sebelumnya telah menyuarakan visinya untuk menerapkan enkripsi end-to-end di semua layanan perpesanan perusahaannya. Dalam sebuah unggahan di Facebook pada 2019, Zuckerberg menyatakan keyakinannya bahwa masa depan komunikasi akan bergerak ke layanan yang lebih pribadi dan terenkripsi.

 

Meskipun demikian, pengaktifan E2EE secara default untuk Facebook dan Messenger akan dilakukan secara bertahap. Bagi pengguna yang belum mendapat fitur ini, E2EE masih dapat diaktifkan secara opsional.

Sumber: