Pusing Banyak Iklan, Sekarang Facebook dan Instagram Buat Aturan Berlangganan Bebas Iklan

Pusing Banyak Iklan, Sekarang Facebook dan Instagram Buat Aturan Berlangganan Bebas Iklan

Pusing Banyak Iklan, Sekarang Facebook dan Instagram Buat Aturan Berlangganan Bebas Iklan/---freepik.com

Pusing Banyak Iklan, Sekarang Facebook dan Instagram Buat Aturan Berlangganan Bebas Iklan

RK ONLINE - Meta telah meluncurkan opsi berlangganan bagi Facebook dan Instagram, platform media sosial yang mereka miliki, untuk pengguna di wilayah Eropa. Tujuan utama opsi berlangganan ini adalah memenuhi permintaan Eropa agar pengguna memiliki lebih banyak kendali atas data pribadi mereka.

 

Opsi berlangganan ini tersedia untuk pengguna di Uni Eropa (UE), Wilayah Ekonomi Eropa (European Economic Area/EEA), termasuk negara-negara seperti Jerman dan Perancis, serta Swiss.

 

Meta telah berkomitmen untuk tidak menggunakan data pelanggan yang membayar berlangganan untuk kepentingan iklan, Menurut pernyataan dari Meta, "Untuk mematuhi aturan Eropa, kami memperkenalkan opsi berlangganan baru di UE, EEA, dan Swiss. Pada bulan November, kami akan menawarkan orang-orang yang menggunakan Facebook atau Instagram di wilayah tersebut untuk memakai layanan gratis dengan iklan atau berlangganan tanpa iklan."

BACA JUGA:2 Nomor WhatsApp 1 Aplikasi, Simak Cara Menggunakan Fitur Baru WhatsApp Multiple Accounts!

Ada dua opsi berlangganan yang disediakan oleh Meta untuk Facebook dan Instagram. Opsi pertama adalah untuk Facebook dan Instagram versi web, dengan harga 9,99 euro (sekitar Rp 168.000) per bulan. Opsi kedua adalah untuk Facebook dan Instagram versi Android dan iOS, yang dihargai sebesar 12,99 euro (sekitar Rp 218.000) per bulan.

 

Harga ini berlaku untuk satu akun, termasuk akun yang terhubung di antara Facebook dan Instagram. Hal ini berarti jika seorang pengguna memiliki satu akun Facebook yang juga terhubung dengan akun Instagram, mereka akan dikenakan biaya sesuai dengan harga yang disebutkan di atas. 

 

Ketentuan ini berlaku hingga 1 Maret 2024. Setelah tanggal tersebut, setiap akun yang terhubung akan dikenakan biaya ekstra sebesar 6 euro (sekitar Rp 101.000) per bulan di versi web atau 8 euro (sekitar Rp 134.000) di versi Android dan iOS.

 

Namun, penting untuk dicatat bahwa Meta tetap akan menyediakan Facebook dan Instagram versi gratis bagi pengguna di Uni Eropa, EEA, dan Swiss. Pengguna memiliki pilihan untuk menggunakan versi berbayar tanpa iklan atau versi gratis dengan iklan.

Sumber: