Pemerintah Targetkan Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK Tuntas Akhir 2024

Pemerintah Targetkan Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK Tuntas Akhir 2024

Pemerintah Targetkan Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK Tuntas Akhir 2024/---antaranews.com

Pemerintah Targetkan Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK Tuntas Akhir 2024

RK ONLINE - Pemerintah membidik penuntasan rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada akhir tahun 2024. 

 

Hal ini disampaikan setelah pertemuan antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, untuk merinci langkah pencapaian target tersebut.

BACA JUGA:Peserta Seleksi PPPK 2023 Dapat Seleksi Tambahan dari Pemerintah, Apa Itu?

"Target rekrutmen 1 juta guru PPPK merupakan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM, terutama di sektor pendidikan.

Saya bersama Mas Nadiem telah merinci rencana ini, dan kami optimistis bisa menyelesaikannya pada tahun 2024 karena progressnya saat ini sangat signifikan," ungkap Menteri Anas.

 

Menurut Menteri Anas, upaya pemenuhan tenaga guru, termasuk melalui program rekrutmen 1 juta guru PPPK, adalah perhatian utama Presiden Joko Widodo.

Rekrutmen ini melibatkan tenaga guru non-ASN (honorer) dan Tenaga Harian Lepas (THK)-II yang telah lama berdedikasi.

 

"Menuju Indonesia Emas 2045 sebagai salah satu ekonomi terbesar dunia, keberadaan guru menjadi kunci. Oleh karena itu, percepatan rekrutmen 1 juta guru PPPK menjadi dasar dalam peningkatan SDM, yang didukung oleh infrastruktur pendidikan yang berkualitas serta asupan gizi yang memadai bagi generasi mendatang," tambahnya.

BACA JUGA:Jadi Penentu Kelulusan, Begini Cara Cek Perangkingan PPPK Guru 2023

Menteri PANRB juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan Mendikbudristek untuk memastikan pemenuhan kebutuhan guru, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Sumber: