Dibuka 3 Kali Setahun, Simak Penjelasan MenPANRB Terkait Pendaftaran CPNS 2024 Yang Prioritaskan Fresh Graduat

Dibuka 3 Kali Setahun, Simak Penjelasan MenPANRB Terkait Pendaftaran CPNS 2024 Yang Prioritaskan Fresh Graduat

Dibuka 3 Kali Setahun, Simak Penjelasan MenPANRB Terkait Pendaftaran CPNS 2024 Yang Prioritaskan Fresh Graduate/---bisnis.tempo.co

Dibuka 3 Kali Setahun, Simak Penjelasan MenPANRB Terkait Pendaftaran CPNS 2024 Yang Prioritaskan Fresh Graduate

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau disingkat MenPANRB Abdullah Azwar Anas telah memastikan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan segera dibuka.

 

Pendaftaran CPNS 2024 direncanakan akan berlangsung secara fleksibel dengan kemungkinan pembukaan hingga 3 kali dalam setahun, terutama diprioritaskan bagi fresh graduate.

BACA JUGA:Rekrutmen CPNS 2024 Masih Tanda Tanya, Fresh Graduate Ekspresikan Kekecewaan Terhadap Kuota Formasi PPPK

Menurut MenPAN RB Anas, kebutuhan formasi CPNS 2024 diperkirakan mencapai 1,3 juta, termasuk PPPK. Perhitungan formasi tersebut didasarkan pada tiga faktor utama, yaitu sisa formasi ASN 2023, jumlah ASN yang akan pensiun pada tahun 2024, dan kebutuhan aktual di lapangan.

 

Pembukaan seleksi CASN 2024 secara berulang bertujuan untuk menghindari kekosongan jabatan di instansi pemerintah yang mengakibatkan perekrutan tenaga honorer. Hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan instansi pemerintah masing-masing, memungkinkan rekrutmen dilakukan sesuai dengan jadwal pensiun PNS di instansi tersebut.

 

Namun, MenPAN RB Anas menekankan bahwa tidak semua fresh graduate dapat melamar CPNS 2024, karena pemerintah lebih fokus pada keahlian di bidang teknologi. Langkah ini sejalan dengan tujuan penguatan keamanan siber nasional dan fokus pada digitalisasi.

BACA JUGA:Pembukaan Seleksi CPNS 2024 Masih Belum Pasti

Sebelumnya, seleksi CASN 2023 lebih memprioritaskan tenaga honorer menjadi PPPK dibanding fresh graduate untuk menjadi CPNS, dengan perbandingan 80 persen untuk tenaga honorer dan 20 persen untuk umum.

 

Pemerintah berjanji akan membuka lebih banyak formasi pendaftaran CPNS 2024 bagi fresh graduate, merespons kekecewaan yang muncul di kalangan mereka.

Sumber: