BKN Sebut Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Lebih Fleksibilitas, Apa Maksudnya?

BKN Sebut Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Lebih Fleksibilitas, Apa Maksudnya?

BKN Sebut Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Lebih Fleksibilitas, Apa Maksudnya?/---istimewah

BKN Sebut Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Akan Lebih Fleksibilitas, Apa Maksudnya?

RK ONLINE - Antusiasme masyarakat mulai beralih dari Seleksi CPNS 2023 menuju proses Seleksi CPNS dan PPPK tahun 2024, memunculkan beragam pertanyaan terkait proses seleksi tersebut.

 

Meskipun Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum memberikan konfirmasi pasti terkait rencana tersebut, namun BKN menyatakan bahwa rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan lebih fleksibel. Suherman, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, belum dapat memastikan apakah akan ada Seleksi CPNS pada tahun 2024.

BACA JUGA:CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!

"Belum pasti apakah tahun depan akan ada formasi untuk CPNS atau PPPK, yang pasti akan menyelesaikan terlebih dahulu seleksi yang ada saat ini (seleksi CPNS dan PPPK 2023-red)," ujar Suherman.

 

Meski begitu, Suherman mengindikasikan bahwa mulai tahun 2024, seleksi CPNS dan PPPK akan memiliki keberlangsungan yang lebih fleksibel.

 

"Kemungkinan mulai tahun 2024, pelaksanaan seleksi akan lebih fleksibel, tidak seperti sekarang atau tahun-tahun sebelumnya," ungkap Suherman.

 

Fleksibilitas yang dimaksud di sini adalah adanya pelaksanaan Seleksi CPNS dan PPPK 2024 beberapa kali dalam setahun. "Rencananya akan dibahas bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyelesaikan proses seleksi," jelasnya.

BACA JUGA:Peluang Besar Calon ASN! KemenPANRB Rancang Perekrutan CPNS 2024

Sebelumnya, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengungkapkan bahwa tenaga honorer akan dihapus paling lambat pada Desember 2024. Aturan ini juga melarang instansi pemerintah untuk merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer.

Sumber: