CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!

CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!

CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!/---www.menpan.go.id

CPNS 2024: Rencana Pemerintah dan Fokus Penerimaan Terbaru Untuk Fresh Graduate!

RK ONLINE - Pada Senin 6 November 2023 dalam Rapat Koordinasi Penataan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) mengungkap rencananya untuk perekrutan CPNS pada tahun 2024.

Meskipun jadwal pendaftaran dan proses seleksi belum diumumkan, informasi terbaru dapat dipantau melalui situs resmi pemerintah dan media sosial, termasuk SSCASN.

 

Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, menyebut bahwa rencananya akan ada sekitar 1,3 juta formasi yang disiapkan untuk tahun 2024. Ini didasarkan pada sisa formasi dari tahun sebelumnya, meskipun Kementerian PANRB memberi ruang untuk kebutuhan formasi yang besar, yang belum terpenuhi secara optimal.

BACA JUGA:Ujian SKD CPNS Kemenkumham Jatim 2023, Suasana Ceria Ada Peserta Bergoyang Sebelum Tes

Aba juga mengakui adanya keluhan dari lulusan baru yang tidak dapat mengikuti program pemerintah tersebut. Dia berharap penerimaan CPNS tahun 2024 tidak melebihi kuota yang ditetapkan agar semua instansi dapat memaksimalkan potensi mereka.

 

Tujuan dari penetapan Undang-Undang ASN 2023 adalah untuk mengurangi angka pengangguran di dalam negeri. Diharapkan bahwa dalam enam bulan ke depan, aturan dari UU 2023 ini dapat digunakan oleh masyarakat secara luas.

 

Informasi penting yang perlu diperhatikan adalah batas akhir penataan pegawai pada setiap instansi pada November 2024, menandakan peluang bagi mereka yang bercita-cita menjadi ASN pada tahun tersebut.

BACA JUGA:MenPANRB Azwar Anas, Rekrutmen CPNS Menuju Birokrasi Digital dan Transparan

Sementara itu, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini sedang berlangsung, dengan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang masih berjalan. Tahapan ini diikuti oleh pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi pada 9 November 2023 dan PPPK pada 10 November 2023.

 

Sumber: