MenPAN-RB Minta Maaf, Ini Janjinya Kepada Fresh Graduate Untuk Tahun 2024

MenPAN-RB Minta Maaf, Ini Janjinya Kepada Fresh Graduate Untuk Tahun 2024

MenPAN-RB Minta Maaf, Ini Janjinya Kepada Fresh Graduate Untuk Tahun 2024/---www.menpan.go.id

MenPAN-RB Minta Maaf, Ini Janjinya Kepada Fresh Graduate Untuk Tahun 2024

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengungkapkan permintaan maafnya kepada Fresh Graduate atau lulusan sarjana baru karena pada tahun ini, pemerintah belum dapat membuka formasi CPNS atau PPPK dengan jumlah lowongan lebih banyak.

 

Namun melalui perekrutan ASN 2024, MenPAN-RB Anas menjanjikan jika pemerintah akan mengalokasikan formasi CPNS dan PPPK dengan jumlah formasi yang jauh lebih banyak dari tahun 2023 ini.

BACA JUGA:Menpan-RB Ingatkan Peserta Tes CPNS dan PPPK 2023 Waspada, Ini Penyebabnya!

"Untuk tahun 2024, InsyaAllah, saya telah meminta kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan tim SDMA di Kementerian PAN-RB untuk membuat kebijakan rekrutmen fresh graduate yang lebih besar," kata Anas.

 

Anas menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena pada tahun ini lowongan lebih difokuskan untuk 80 persen tenaga honorer yang telah mengabdi, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, hingga 20 tahun. 

 

Meskipun mengakui adanya kritik dan usulan terkait belum dibukanya formasi fresh graduate di pemerintah daerah, Anas memastikan bahwa peluang untuk talenta digital dan formasi lain akan kembali terbuka pada tahun 2024.

 

"Saat ini kami sedang mengumpulkan data, melakukan perencanaan dan akan melakukan validasi serta perbaikan," tambah Anas.

BACA JUGA:1.853.617 Peserta CPNS dan PPPK Mulai Seleksi Kompetisi Hari Ini, Pantau Live Score Disini!

Dalam konteks terkait, dimulainya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 9 November 2023 hingga 18 November 2023. Sebanyak 725.589 pelamar dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS).

Sumber: