Menpan-RB Ingatkan Peserta Tes CPNS dan PPPK 2023 Waspada, Ini Penyebabnya!

Menpan-RB Ingatkan Peserta Tes CPNS dan PPPK 2023 Waspada, Ini Penyebabnya!

Menpan-RB Ingatkan Peserta Tes CPNS dan PPPK 2023 Waspada, Ini Penyebabnya!/---antaranews.com

Menpan-RB Ingatkan Peserta Tes CPNS dan PPPK 2023 Waspada, Ini Penyebabnya!

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengingatkan peserta tes CPNS dan PPPK untuk tidak percaya pada calo tes. 

 

Dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan PPPK, digunakan computer assisted test (CAT) BKN. Melalui sistem ini, peserta dan masyarakat dapat langsung melihat perolehan nilai atau skor saat tes.

 

"Setelah peserta mengikuti tes, hasilnya langsung keluar. Jangan percaya pada orang yang mengklaim bisa membantu (calo CPNS-PPPK)," ujar Anas.

BACA JUGA:Menyusul Pengesahan UU ASN, Pemerintah Tegas Larang Rekrutmen Tenaga Honorer

Dengan sistem tes ini, Anas menegaskan bahwa tidak ada pihak yang dapat membantu peserta untuk lulus. Bahkan, anak pejabat publik dan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tidak lolos seleksi CPNS.

 

"Putra Kepala BKN sudah 3 kali gagal lolos seleksi CPNS. Bahkan putri Presiden Jokowi juga tidak lolos," tambah Anas. Dia menekankan agar peserta percaya pada usaha mereka sendiri dan tidak percaya pada janji orang lain.

 

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putra juga memperingatkan peserta tes untuk waspada terhadap potensi penipuan oleh oknum yang menjanjikan kelulusan tanpa melalui tahapan seleksi. 

"Tindakan oknum seperti ini dapat dicegah jika pelamar tidak tergiur oleh janji palsu," kata Haryomo.

BACA JUGA:BKN Umumkan 555.421 Pelamar CASN 2023 yang Tidak Lolos Seleksi Berkas, Cek Namamu Sekarang!

Sumber: