1.853.617 Peserta CPNS dan PPPK Mulai Seleksi Kompetisi Hari Ini, Pantau Live Score Disini!

1.853.617 Peserta CPNS dan PPPK Mulai Seleksi Kompetisi Hari Ini, Pantau Live Score Disini!

1.853.617 Peserta CPNS dan PPPK Mulai Seleksi Kompetisi Hari Ini, Pantau Live Score Disini!/---Youtube/@officialcatbkn7684

1.853.617 Peserta CPNS dan PPPK Mulai Seleksi Kompetisi Hari Ini, Pantau Live Score Disini!

RK ONLINE - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa sebanyak 1.853.617 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) telah memulai ujian seleksi mereka hari ini. Seleksi ini merupakan tahap krusial dalam proses penerimaan pegawai pemerintah di Indonesia.

 

Setelah selesai tahap seleksi administrasi, sebanyak 725.589 pelamar CPNS melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi dasar (SKD), sementara 1.128.028 pelamar PPPK melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi.

BACA JUGA:CATAT! Jadwal Terbaru dan Lengkap Tahapan Seleksi CPNS 2023

Haryomo Dwi Putranto, yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala BKN dan Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023, memastikan bahwa BKN telah meningkatkan aspek keamanan untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh peserta seleksi.

 

Dalam upaya menjaga keamanan, BKN telah berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), terutama dalam mengawasi aspek teknologi informasi dalam pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi.

 

Haryomo menegaskan, "Selain itu, sebagai antisipasi terhadap oknum yang tidak diinginkan, BKN juga sudah meningkatkan seluruh aspek keamanannya.” Dalam keterangan tertulisnya, dia menekankan pentingnya untuk menghindari tindakan berkompromi atau bertransaksi dengan oknum yang mengklaim bisa meluluskan pelamar tanpa melalui tahapan seleksi.

BACA JUGA:8 Ketentuan Penting Wajib Diketahui Peserta Seleksi CPNS 2023 Kemendikbud

Menurut Haryomo, tindakan oknum seperti ini dapat dicegah jika pelamar tidak tergiur oleh tawaran oknum yang mengatasnamakan instansi pemerintah tertentu dengan imbalan uang. Dia mengajak semua pelamar untuk tidak terjerumus dalam praktik-praktik buruk semacam itu.

 

Pelaksanaan ujian SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2023 akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN di 304 titik lokasi dalam negeri dan 62 titik lokasi di luar negeri, sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Panselnas. Ujian SKD bagi pelamar CPNS akan berlangsung hingga tanggal 18 November 2023, sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK akan berlangsung hingga tanggal 4 Desember 2023.

Sumber: