Rejang Kepahiang, Persiapan dan Tahapan Umbung Kutei yang Wajib Dipahami Ketua Adat

Rejang Kepahiang, Persiapan dan Tahapan Umbung Kutei yang Wajib Dipahami Ketua Adat

Salah satu tahapan Umbung Kutei Rejang Kepahiang saat menyambut pasangan artis Anang Ashanty di Bumei Sehasen Kepahiang.--Radarkepahiang.id

 

4. Menegak Pendei

Pendei dibuat sehari sebelum pelaksanaan umbung. Pendei dibuat oleh tuei umbung atau orang yang ditunjuk khusus oleh tuei umbung untuk membuatnya. Bahan-bahan pendei harus berasal dari masyarakat kutei yang disiapkan secara sukarela. Sangat diutamakan bahan-bahan pendei tidak akan yang diperoleh dengan jalan pembelian.

 

5. Menyiapkan Anok Sangei

Anok sangei memegang peran penting dalam umbung kutei, karena untuk sembah kepada rajo akan dilakukan oleh mereka dalam bentuk tarian. Mereka perlu disiapkan fisik dan mentalnya, dengan diberikan pelatihan dan penguatan lainnya oleh tukang tepuk tari dan tuei kutei. Mereka pun harus dipastikan sehat untuk tampil di kegiatan umbung.

BACA JUGA:Ingin Lulus, Calon Peserta Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Wajib Hindari 5 Kesalahan Ini

Tahapan Pelaksanaan

1. Persiapan

Sebelum rajo atau tamu tiba, tuei umbung memeriksa semua perangkat umbung telah siap sedia. Para tukang dan anok sangei telah berada di tempat tugasnya masing-masing.

 

2. Rajo/Tetuei Teko

Rajo atau tetuei tiba di tempat pelaksanaan umbung disambut oleh tuei umbung dan tetuei lainnya. Rajo akan dipayungi dengan payung adat berwarna kuning, kemudian sebagai pelepas dahaga karena telah melakukan perjalanan, rajo atau tamu kehormatan disajikan serawo nioa u’ei berupa air kelapa muda yang dicampur dengan gula merah.

 

3. Becanang

Sumber: