Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Tips atau cara mengatur keuangan yang baik dan benar/Foto: Ilustrasi--Istimewah

 

5. Pasang Target Masa Depan

Tips atau cara mengatur keuangan selanjutnya yakni membuat target dimasa yang akan datang. Contohnya saat sudah menginjak usia 30 tahun, anda sudah menargetkan bisa membeli kendaraan sendiri menggunakan uang pribadi anda. Tidak hanya sampai di situ saja, usia selanjutny anda juga memiliki target yang lebih besar dan target-target lainnya.

 

Dengan adanya target maka kita akan siap dan termotivasi memulai dan melaksanakannya. Dengan memiliki target, kita juga dituntut untuk bisa membuat perencanaan agar target tersebut bisa dicapai.

 

6. Disiplin Menabung

Tidak sedikit pula orang berpikir, menabung merupakan langkah yang tujuannya menyimpan uang sisa dari pengeluaran selama 1 bulan. Tapi sebenarnya ini merupakan sebuah kesalahan yang tidak boleh dijadikan acuan dan panutan dalam mengelola dan mengatur keuangan. Kalau menginginkan uang tabunganmu cepat bertambah, target menabung yang disisihkan setiap gajian adalah pilihan yang terbaiknya.

BACA JUGA:Pendafataran CPNS KPK 2023 Dibuka, Langsung Cek Formasi Berikut Lokasi Penempatannya di Sini!

Bakan jika memang dibutuhkan, anda harus memiliki rekening tabunganmu yang memang dibuat khusus untuk menabung uang. Rekening ini tentunya berbeda dari rekening yang biasa digunakan sebagai sehari-hari. Dengan demikian, anda akan memiliki semangat lebih dalam menabung uang.

 

7. Jangan Takut Berinvestasi

Masa pensiun harus disiapkan sejak dini. Akan tetapi, menabung saja tidaklah cukup. Siapapun tentunya harus memiliki rencana yang matang sebagai persiapan hari tua. Salah satunya adalah dengan cara berinvestasi. Sebab dengan berinvestasi, dipastikan dapat memberikan Anda pasive income atau pendapatan yang dapat memenuhi setiap kebutuhan saat Anda tidak lagi bisa bekerja seperti sebelumnya.

 

Sejak masih muda, sisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Namun untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda yang masih pemula dalam hal investasi, melakukannya dengan langkah awal dari instrumen investasi kecil yang memang sudah dipahami dan dikenali. 

Sumber: