Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Tips atau cara mengatur keuangan yang baik dan benar/Foto: Ilustrasi--Istimewah

Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran yang Mudah dan Gampang 

RK ONLINE - Cara mengatur keuangan yang baik dan benar, memang bukan merupakan hal yang gampang. Walaupun sudah menerima gaji atau income dari sumber lainnya, namun terkadang membuat uang yang kita miliki terus bertambah masih menjadi hal yang sulit dilakukan. 

Ditambah lagi kalau kita yang pendapatannya sama namun pengeluarannya malah setiap bulan bertambah besar. Jika tidak bisa mengelola atau mengatur keuangan dengan baik dan benar, tentu saja uang yang semula diharapkan dapat bertambah malah berbalik menjadi habis terkuras tak bersisa.

BACA JUGA:Tidak Hanya Tahan Kantuk, Ahli Kesehatan dr Zaidul Akbar: Kopi dan Teh Hijau Bisa Menahan Rasa Lapar

Kebiasaan buruk yang silakukan kebanyakaan orang yakni kebiasaan menghamburkan uang ketika masih banyak dan baru memutuskan untuk berhemat, setelah uang hanya tinggal sedikit atau nyaris habis. Jika kebiasaan buruk ini diteruskan, sudah dapat dipastikan kesempatan untuk menabung akan terbuang sia-sia. Namun untuk menghindarinya, dibutuhkan perencanaan dalam mengelola atau cara mengatur keuangan yang baik dan benar.

 

Berikut tips dan trik cara mengatur keuangan agar tetap bisa terorganisir dan bisa bertambah sesuai dengan harapan:

1. Catatan Pendapatan atau Pengeluaran

Bukan hanya pendapatan saja, catatan pengeluaran juga sangat penting dan menjadi salah satu tips atau cara mengatur keuangan yang benar. Setiap pengeluaran harus dicatat. Lakukan ini setiap harinya karena memiliki laporan keuangan yang terus diupdate setiap hari, sangat efektif untuk dijadikan kontrol terhadap pengeluaran Anda.

Bukan hanya itu saja, laporan pendapatan dan pengeluaran tersebut juga bisa menjadi dasar untuk menganalisa setiap pengeluaran tidak penting dan bila memungkinkan, anda dapat memulai untuk menghindarinya. Sering kali kita kurang peduli dengan catatan penerimaan dan pengeluaran kita. Bahkan terkadang diakhir bulan, kita bingung ke mana uang kita "pergi". 

BACA JUGA:Cara Mudah Ajukan Pinjaman Online Melalui Aplikasi BRI Mobile atau Brimo

Tapi melacak pengeluaran uang setiap bulan, bisa dilakukan dengan cara mencatat setiap pendapatan dan semua pengeluaran. Hal ini bisa dilakukan dengan pembukuan sederhana di catatan kecil sebagai bentuk upaya dan cara mengatur keuangan yang baik dan benar. 

 

Saat ini juga sudah banyak aplikasi di gawai yang bisa mengakomodasi dan mempermudah dalam pencatatan keuangan. Sebaiknya penghasilan bulananmu harus dicatat. Setelah itu susun daftar pengeluaran yang sudah pasti setiap bulan. Selain itu anda juga harus memiliki batasan maksimal pengeluaran dari setiap daftar pengeluaran yang sudah tercatat tersebut. Karena dengan cara ini anda bisa mengetahui daftar pengeluaran anda yang melebihi batas maksimal dan itu bisa menjadi sebuah pengingat bagi anda. Hal ini akan mempermudah mengatur keuangan setiap bulan.

Sumber: