Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Bikin Orang Auto Jadi Sultan, Begini Cara Mengatur Keuangan Mulai dari Pendapatan Hingga Pengeluaran, Gampang!

Tips atau cara mengatur keuangan yang baik dan benar/Foto: Ilustrasi--Istimewah

 

2. Memperhatikan Hal-Hal Kecil

Jangan menganggap remeh hal-hal kecil merupakan salah satu cara mengatur keuangan yang baik dan benar. Pada umumnya orang menganggap pengeluaran kecil sebagai sesuatu yang dipandang remeh. Seperti pengeluaran untuk kopi setiap pagi atau camilan sore yang biasa disantap sore harinya. Biasanya orang kebanyakan memilih untuk hati-hati untuk persoalan membeli barang yang nilainya terbilang mahal. Namun faktanya kurang terkontrol dalam melakukan pengeluaran untuk hal-hal kecil. 

BACA JUGA:Harganya Murah! Nokia Akhirnya Meluncurkan Nokia 105 (2023) dengan Fitur Terbaru

Padahal jika digabungkan dalam satu bulan, jumlah pengeluaran dari hal-hal kecil tersebut nilainya lebih besar daripada barang mahal. Hal itu yang terkadang membuat keuangan kita tidak terkontrol. Jadi lebih baik berhati-hatilah dalam melakukan pengeluaran terutama untuk hal-hal kecil sekalipun. Kerna hal kecil tersebut bisa berdampak pada keuangan kita.

 

3. Jangan Belanja Demi Gengsi

Jika dilihat saat ini, barang branded sangat digemari oleh setiap kalangan baik muda mudi ataupun ibu-ibu bahkan bapak-bapak. Biasanya kita membelinya demi memenuhi gengsi dan mengikuti gaya hidup, tanpa memikirkan terlebih dahulu dampat untuk keuangan kita. 

 

Dari pada membeli barang karna gengsi atau gaya hidup akan lebih baik jika kita bisa menggunakannya untuk menambah tabungan dan membeli barang yang memang kita butuhkan. Bukan karena sedang tren apalagi karena gengsi. Sebab perkembangan zaman yang terus berinovasi dengan hal-hal baru, membuat tren dan gengsi tidak berkesudahan dan bukan merupakan hal yang wajib untuk selalu diikuti. Opsinya adalah dengan hanya membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhanmu dan tidak didasari oleh tren gaya hidup.

 

4. Buat Prioritas Kebutuhan

Jika ingin keuangan anda terkontrol cobalah untuk membuat daftar prioritas kebutuhan mulai dari hal yang sangat penting hingga yang bersifat kurang penting. Mulailah dari yang sangat mendesak hingga yang masih bisa ditunda untuk dipenuhi. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Beasiswa Pelatihan Prakerja Gelombang 61 Telah Dibuka

Sebab dengan skala prioritas, akan membuat anda lebih mudah dalam mengatur keuangan anda, termasuk mengatur pengeluaran. Dengan cara ini pula, anda akan lebih panda dalam hal berhemat.

Sumber: