Pelajari Materi SKD Ini, Peluang Lolos CPNS 2023 Semakin Terbuka Lebar!

Pelajari Materi SKD Ini, Peluang Lolos CPNS 2023 Semakin Terbuka Lebar!

Pelajari Materi SKD CPNS 2023/---Istimewah-

 

  • Kemampuan Verbal: Termasuk analogi, silogisme, dan analisis.
  • Kemampuan Numerik: Termasuk berhitung, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.
  • Kemampuan Figural: Termasuk analogi, ketidaksamaan, dan serial.

 

3. Tes TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Tes TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan sikap anti radikalisme. Materi yang akan diuji meliputi:

BACA JUGA:Peserta CPNS 2023 Wajib Pahami Jenis Soal dan Materi Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD

  • Pelayanan Publik: Kemampuan untuk menampilkan perilaku keramahan dalam bekerja yang efektif untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai tugas dan wewenang yang dimiliki.
  • Jejaring Kerja: Kemampuan untuk membangun dan menjaga hubungan, berkolaborasi, dan berbagi informasi dengan orang lain secara efektif.

 

  • Sosial Budaya: Kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam agama, suku, budaya, dan lainnya.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi: Kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan efektif untuk meningkatkan kinerja.
  • Profesionalisme: Kemampuan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan jabatan.
  • Anti Radikalisme: Kemampuan untuk mengenali informasi tentang anti radikalisme, bersikap, dan bertindak dalam berbagai situasi.

 

Dalam SKD CPNS 2023, peserta akan mengikuti tes selama 100 menit. Namun, bagi pelamar penyandang disabilitas, tes akan berlangsung selama 130 menit. Total soal yang akan diuji mencapai 110 butir, dengan rincian 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP.

 

Penting untuk dicatat bahwa pembobotan nilai berbeda-beda antara materi TIU dan TWK dengan TKP. Nilai jawaban benar pada TIU dan TWK bernilai 5, sedangkan jawaban salah atau tidak dijawab bernilai 0. Sementara pada TKP, bobot jawaban benar berkisar antara 1 hingga 5, dengan tidak menjawab bernilai 0.

BACA JUGA:Lulusan SMA Jadi Intelijen Negara, Formasi CPNS BIN 2023 Resmi Dibuka dan Catat Persyaratan Pendaftarannya

Demikianlah gambaran mengenai materi yang akan diuji dalam SKD CPNS 2023. Untuk informasi lebih lanjut mengenai nilai ambang batas atau passing grade setiap tes, Anda dapat mengakses artikel terkait. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para calon pegawai negeri sipil yang akan mengikuti seleksi ini.

Sumber: