Pelajari Materi SKD Ini, Peluang Lolos CPNS 2023 Semakin Terbuka Lebar!

Pelajari Materi SKD Ini, Peluang Lolos CPNS 2023 Semakin Terbuka Lebar!

Pelajari Materi SKD CPNS 2023/---Istimewah-

Pelajari Materi SKD Ini, Peluang Lolos CPNS 2023 Semakin Terbuka Lebar!

RK ONLINE - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah merilis garis besar materi yang akan diujikan dalam SKD CPNS 2023

 

Keputusan ini diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2023.

BACA JUGA:Pengumuman Resmi Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023

Seleksi SKD CPNS 2023 terdiri dari tiga tes utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Namun, apa saja rincian materi yang akan diujikan dalam SKD CPNS 2023?

 

1. Tes TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Tes TWK bertujuan untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan nilai-nilai nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa negara. Materi yang akan diuji meliputi:

 

  • Nasionalisme: Kemampuan untuk mewujudkan kepentingan nasional sambil mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas: Kemampuan untuk menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.
  • Bela Negara: Kemampuan untuk aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

BACA JUGA:Persiapan Tes CPNS 2023, Perhatikan Syarat dan Contoh Nilai SKD CPNS Kejaksaan Berikut Ini

  • Pilar Negara: Kemampuan untuk membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.
  • Bahasa Negara: Kemampuan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

2. Tes TIU (Tes Intelegensia Umum)

Tes TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan kemampuan verbal, numerik, dan figural. Materi yang akan diuji meliputi:

Sumber: