Lebih Gampang! Perubahan Materi Praktik Penerbitan SIM Terbaru Diresmikan Polres Kepahiang

Lebih Gampang! Perubahan Materi Praktik Penerbitan SIM Terbaru Diresmikan Polres Kepahiang

Skema terbaru materi praktik pembuatan SIM menjadi lebih gampang/Foto: Peresmian lintasan baru uji SIM Polres Kepahiang--Radarkepahiang.id

Lebih Gampang! Perubahan Materi Praktik Penerbitan SIM Terbaru Diresmikan Polres Kepahiang

RK ONLINE - Kapolres Kepahiang, Polda Bengkulu, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si meresmikan perubahan ujian praktek penerbitan SIM terbaru, Senin 7 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Seperti PNS, MenPAN RB Anas Beberkan Skema Dana Pensiun PPPK Dalam RUU ASN Revisi UU Nomor 5 Tahun 2014

Peresmian perubahan materi dan praktik uji SIM terbaru di Polres Kepahiang ini, dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari pelaksanaan kebijaan Kapolri terkait materi ujian praktik SIM. Sebab belum lama ini, Korlantas Polri secara resmi sudah mengeluarkan materi ujian praktik yang terbaru dalam penerbitan SIM. 

 

Dengan adanya beberapa perubahan ini, Kapolres Kepahiang menyebutkan jika materi dan praktik ujian penerbitan SIM ini, bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ujian praktik SIM yang dipastikan menjadi lebih gampang.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Polsuspas Kementerian Hukum dan HAM

"Ini juga sekaligus untuk disosialisasikan kepada masyarakat jika sekarang ini, membuat SIM terutama SIM C sudah lebih gampang. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah materi ujian praktik yang sudah diperbaharui. Sehingga persentase kelulusan peserta uji SIM dalam ujian praktik ini bisa lebih besar dari sebelumnya," terang Yana.

 

Materi praktek penerbitan SIM ini lanjut Kapolres, memiliki beberapa perubahan dari ketentuan sebelumnya. Selain jalur lintasan ujian pembuatan SIM yang dipastikan sudah lebih lebar, lintasan zig zag dan angka 8 yang selama ini dinilai menyulitkan masyarakat, secara resmi sudah dihilangkan dan digantikan dengan jalur letter S yang penerapannya persis seperti belokan di jalan raya.

BACA JUGA:Kaya Dalam Sekejap, Pesugihan Sapu Jagad Dipercaya Menjanjikan Kemakmuran, Begini Syaratnya!

"Untuk yang terbaru, lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir materi ujian praktik dengan ukuran yang lebih lebar dan tanpa materi zig zag atau sialom test. Kemudian ini diganti dengan lintasan letter S dan ukurannya juga lebih lebar 1 m dari lebar kendaraan. Sedangkan untuk uji pengereman, panjang lintasannya 20 M dan jarak antar patok menjadi 2,5 M," jelas Yana.

 

Bukan cuma itu saja, saat melaksanakan tes juga dipastikan akan ada petugas kepolisian dari Satlantas Polres Kepahiang yang memberikan rambu-rambu menggunakan bendera. Rambu-rambu ini digunakan sebagai panduan bagi calon pemilik SIM agar tidak ugal-ugalan di jalan raya.

Sumber: