Berpengaruh Terhadap Mental, Ini Dampak Buruk Kebiasaan Bangun Tidur Kesiangan

Berpengaruh Terhadap Mental, Ini Dampak Buruk Kebiasaan Bangun Tidur Kesiangan

dampak bangun kesiangan bagi kesehatan/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Berpengaruh Terhadap Mental, Ini Dampak Buruk Kebiasaan Bangun Tidur Kesiangan

RK ONLINE- Bangun siang atau sering kali disebut "night owl" adalah istilah yang merujuk pada orang yang cenderung tidur larut malam dan menghabiskan waktu tidur mereka hingga pagi hari. 

 

Meskipun kebiasaan ini mungkin tampak menyenangkan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang bekerja malam, namun kebiasaan bangun siang dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dampak negatif kebiasaan bangun siang terhadap kesehatan dan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA:Mom Harus Tau, Memberikan Pelajaran Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Terhadap Kebahagiaan Anak

1. Gangguan Pola Tidur

 

Kebiasaan bangun siang sering kali mengganggu pola tidur alami tubuh. Tidur di malam hari sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki dan memperbaharui diri. Gangguan pola tidur dapat menyebabkan masalah tidur, seperti insomnia atau tidur tidak nyenyak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kelelahan, kurangnya energi, dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

 

2. Risiko Masalah Kesehatan Mental

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur larut malam cenderung memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. Hal ini mungkin terjadi karena perubahan hormon dan mekanisme biologis yang terkait dengan pola tidur yang tidak teratur.

Sumber: