Mom Harus Tau, Memberikan Pelajaran Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Terhadap Kebahagiaan Anak

Mom Harus Tau, Memberikan Pelajaran Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Terhadap Kebahagiaan Anak

memberi pelajaran yang berlebihan berdampak buruk bagi kebahagaian anak/Foto:Ilustrasi---ishutterstock.com

Mom Harus Tau, Memberikan Pelajaran Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Terhadap Kebahagiaan Anak

RK ONLINE- Sebagai orang tua, salah satu peran penting adalah mendidik dan memberikan pelajaran kepada anak-anak. Pendekatan ini bertujuan agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik dan tangguh. 

 

Namun, terkadang niat baik orang tua memberi pelajaran dapat berdampak pada kebahagiaan anak. Apa saja sikap orang tua yang mungkin memiliki dampak negatif pada kebahagiaan anak?

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Pantangan Makan Untuk Memperoleh Tubuh Sehat

1. Terlalu Ketat dalam Aturan

Orang tua yang terlalu ketat dalam memberlakukan aturan cenderung membatasi kebebasan dan spontanitas anak. Meskipun tujuannya mungkin baik untuk mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, namun sikap ini bisa menyebabkan anak merasa tertekan dan kurang bahagia. Anak mungkin merasa sulit untuk mengekspresikan diri dan menemukan kebahagiaan dalam hal-hal yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

 

2. Membandingkan dengan Anak Lain

Membandingkan anak dengan anak lain, seperti teman atau saudara, dapat memiliki dampak negatif pada kepercayaan diri dan kebahagiaannya. Anak bisa merasa tidak dihargai atau tidak memadai karena dibandingkan dengan orang lain. Ini bisa menyebabkan rasa rendah diri dan ketidakbahagiaan.

 

3. Over Ambisi dalam Prestasi

Mendorong anak untuk mencapai prestasi tinggi adalah hal yang baik, tetapi jika orang tua memiliki harapan yang terlalu tinggi dan menuntut kesempurnaan, anak mungkin merasa tertekan dan cemas. Perasaan ini bisa mengganggu kebahagiaan anak dan membuatnya merasa tidak mampu mencapai harapan orang tua.

 

Sumber: