Bapak Ibu Dewan Guru, Buruan Ikuti PembaTIK 2023 Kini Resmi Hadir Kembali!

Bapak Ibu Dewan Guru, Buruan Ikuti PembaTIK 2023 Kini Resmi Hadir Kembali!

Program PembaTIK tahun 2023 Kemendikbudristek--Istimewah

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong agar guru terus berkembang sejalan dengan perkembangan TIK adalah, penyelenggaraan bimbingan teknis PembaTIK atau Pembelajaran Berbasis TIK yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek.

BACA JUGA:Buruan Sebentar Lagi Seleksi PPPK Guru 2023 Segera Dibuka, Simak Mekanismenya di Sini!

Program PembaTIK merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek sejak tahun 2017. PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. 

 

Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi (4i leveling). 

Manfaat Mengikuti PembaTIK, Meningkatkan kompetensi literasi TIK, Meningkatkan kompetensi implementasi TIK, Meningkatkan kompetensi kreasi TIK, Meningkatkan kompetensi berbagi dan berkolaborasi, Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional, Berkesempatan untuk menjadi Duta Teknologi Kemendikbudristek. 

BACA JUGA:Jangan Lewatkan, Ini 5 Jenis Soal Tes Psikotes Yang Wajib Diketaui Peserta Seleksi CPNS 2023!

Duta Teknologi Kemendikbudristek merupakan perpanjangan tangan dari Pusdatin Kemendikbudristek dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di masing-masing provinsinya untuk pembelajaran digital dengan memanfaatkan Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id), PMM, belajar.id dan Platform Pendidikan lainnya.

 

Manfaat menjadi Duta Teknologi Kemendikbudristek adalah menjadi wajah perwakilan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan, terutama Rumah Belajar. 

Kemudian berkesempatan mengikuti bimbingan teknis pengembangan bahan ajar berbasis TIK baik di pusat maupun daerah, berkesempatan dilibatkan pada acara dan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun daerah serta bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:7 Kecamatan Mati Lampu, PLN ULP Kepahiang Beri Penjelasan Begini

Andakah Duta Teknologi selanjutnya?.

Sumber: