Bapak Ibu Dewan Guru, Buruan Ikuti PembaTIK 2023 Kini Resmi Hadir Kembali!

Bapak Ibu Dewan Guru, Buruan Ikuti PembaTIK 2023 Kini Resmi Hadir Kembali!

Program PembaTIK tahun 2023 Kemendikbudristek--Istimewah

Bapak Ibu Dewan Guru, Buruan Ikuti PembaTIK 2023 Kini Resmi Hadir Kembali!

RK ONLINE - Roni Yulianto, S.Pd, M.Kom merupakan salah satu dari sekian banyak guru di SMK Negeri 1 Kepahiang. Sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek Tahun 2021 Provinsi Bengkulu, Roni mengajak kepada seluruh dewan guru, khususnya di Kabupaten Kepahiang dan Provinsi Bengkulu untuk turut serta mengikuti Program PembaTIK tahun 2023

 

"Ayo bapak ibu dewan guru hebat se-Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kepahiang, persiapkan diri anda untuk mengikuti  Pelatihan PembaTIK Tahun 2023 yang akan segera dibuka. Pembukaan dan pendaftaran akan di mulai pada awal bulan Juni 2023. Ingat jangan sampai ketinggalan," ucap Roni. 

BACA JUGA:Apa Bener Menempelkan Remote Mobil di Kepala Bisa Membuat Jangkauan Lebih Jauh

Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbudristek) akan kembali menyelenggarakan program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau sering dikenal dengan sebutan "PembaTIK" tahun 2023. Kegiatan ini mengusung tema "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan Dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka belajar".

Kemajuan dan kecanggihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan segala potensi yang dimilikinya, tidak akan pernah menggeser peran guru sebagai agen perubahan.


Roni Yulianto, S.Pd, M.Kom--Istimewah

Dewan guru memiliki peran strategis yang ikut menentukan keberhasilan pendidikan, khususnya dalam pembelajaran. Guru juga merupakan role model dalam inovasi dan perubahan sosial. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang guru untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mengikuti setiap perubahan yang terjadi, guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai untuk memanfaatkan teknologi secara optimal dalam memfasilitasi pembelajaran. 

BACA JUGA:Kabar Buruk Tenaga Honorer, Termasuk Bengkulu 45 Instasnsi Ini Tidak Usulkan Formasi ASN

Seorang guru harus mampu mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran, untuk mendukung pelaksanaan tugas seorang dewan guru dalam merencanakan, mengembangkan, menerapkan, mengevalausi dan menindaklanjuti pembelajaran yang diampu. 

Maka dari itu penting bagi dewan guru untuk dapat menguasai TIK sebagai alat dan pemberi nilai tambah atas setiap aktivitas. Itulah sebabnya, guru tidak pernah berhenti belajar dan harus siap untuk bertransformasi menuju pendidikan yang lebih baik serta mewujudkan Merdeka Belajar. 

 

Sumber: