Tahun Ini Seleksi Guru PPPK Dibuka Kembali, Total Ada 419.146 Formasi!

Tahun Ini Seleksi Guru PPPK Dibuka Kembali, Total Ada 419.146 Formasi!

Khusus tahun ini seleksi guru PPPK dibuka kembali oleh pemerintah dengan total 419.146 formasi/Foto: Ilustrasi--Antara News

Tahun Ini Seleksi Guru PPPK Dibuka Kembali, Total Ada 419.146 Formasi!

Radarkepahiang.id - Pemerintah sudah menginformasikan jika tahun ini, seleksi guru PPPK kembali dibuka dengan jumlah total 419.146 formasi. Jika dilihat berdasarkan jumlah formasinya, tahun ini pemerintah kembali membuka seleksi guru PPPK secara besar-besaran. 

BACA JUGA:Sudah Ditetapkan Pemerintah, 2 Kategori Tenaga Honorer Ini Bisa Langsung Diangkat PPPK

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyebutkan kalau besarnya jumlah formasi guru PPPK tahun 2024 ini, bertujuan untuk menuntaskan target 1 juta guru yang telah dicanangkannya sejak tahun 2020 lalu.

 

Diketahui kalau sampai tahun 2023, Kemendikbudristek telah meluluskan 774.999 guru PPPK. Hal ini terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan terhadap guru PPPK di sekolah negeri seluruh Indonesia.

BACA JUGA:5 Tips Lolos Seleksi PPPK dan Seleksi CPNS 2024, Pasti Bisa!

Selain guru, Mendikbudristek mengatakan kalau pihaknya juga membutuhkan formasi PPPK untuk tenaga administrasi sekolah dan pengawas sekolah. Maka dari itu melalui seleksi PPPK tahun 2024 ini, formasi tersebut juga disediakan dan akan dibuka oleh pemerintah.

 

Prioritaskan Guru Daerah

Pada kesempatan berbeda, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau MenPANRB, Abdullah Azar Anas menjelaskan total kebutuhan ASN tahun 2024 sebanyak 2.302.543 formasi. Dari jumlah tersebut, 22,45 persen akan dialokasikan untuk tenaga pendidikan di daerah.

 

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau tahun ini, pemerintah memprioritaskan guru daerah dalam pengangkatan ASN melalui jalur seleksi guru PPPK tahun 2024.

 

Sumber: