PEMEKARAN Ini Nama Kabupaten Baru di Provinsi Bengkulu yang Segera Terbentuk di Bengkulu Utara

PEMEKARAN Ini Nama Kabupaten Baru di Provinsi Bengkulu yang Segera Terbentuk di Bengkulu Utara

Kabupaten Bengkulu Utara yang rencananya akan pemekaran membentuk kabupaten baru di Provinsi Bengkulu dengan nama Kabupaten Bumi Pekal.--YouTube Jojo Hutagalung

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Wikipedia, Bengkulu Utara berada pada koordinat geografis 2015 – 4o LS dan 1020 32 -1020 8 BT dengan luas wilayah 4.424,60 km2. 

Garis pantai yang dimiliki Kabupaten Bengkulu Utara dengan panjang 262,63 km yang mempunyai potensi sumber daya pesisir, pantai, dan laut baik hayati maupun nonhayati yang cukup besar berpeluang untuk dapat dikembangkan dan dikelola sebagai sumber pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Kondisi tanah di Kabupaten Bengkulu Utara terdiri dari Latasol: 29.01 persen, Asosiasi Latosol dan PMK: 1,42 persen, Asosiasi MPK dan Lotosol: 25,36 persen, Pedsolik Merah Kuning: 1,16 persen, aluvial:3,15 persen, Organosol dan lain-lain: 39,90 persen. 

BACA JUGA:Gampang Sekali, Ini 5 Desain Dapur Minimalis yang Menarik dan Terkesan Mewah

Dari sisi hidrologis, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki banyak sungai yang verhulu di sisi timur bukit barisan dan mengalir ke Samudra Indonesia. Di antara sungai-sungai yang ada beberapa sungai yang dapat dilayari oleh kapal dengan bobot mati 25 ton.

 

Kondisi geografisnya sebagian besar merupakan dataran dengan ketinggian dibawah 150 m dpl terdapat di bagian barat membujur searah pantai dari selatan ke utara. Sedangkan di bagian timur topografinya berbukit-bukit dengan ketinggian 541 m dpl.

Sumber: