Angkutan Komoditas ke Enggano Terhenti, Ini Sebabnya

Angkutan Komoditas ke Enggano Terhenti, Ini Sebabnya

DOK/RK : Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi--

RK ONLINE - Saat ini Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Pulo Tello akan memasuki waktu docking atau perbaikan tahunan. Akibatnya penyebrangan dan aktivitas pengangkutan komoditas ke Pulau Enggano akan dihentikan dalam beberapa waktu kedepan.

 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pulo Tello sebagai operator penyelenggara penyebrangan ke Enggano.

 

Dari koordinasi tersebut pelaksanaan docking mulai dilaksanakan di tanggal 30 Januari dan kemungkinan akan berlangsung hingga 1 bulan.  Selama periode perbaikan ini, KMP Pulo Tello tidak bisa melaksanakan pelayaraan dari Bengkulu ke Pulau Enggano, begitupun sebaliknya.

 

"Saya tanya ke pihak operator jika butuh waktu lebih kurang 30 hari atau satu bulan untuk mereka melakukan perbaikan. Mudah-mudahan tidak ada hambatan dan tidak ada masalah," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, docking atau perbaikan merupakan hal rutin yang dilakukan setiap tahunnya demi memastikan keselamatan transportasi penyeberangan ke Enggano.

 

"Perbaikan ini harus tetap dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat untuk menggunakan KMP. Pulo Tello," imbuhnya.

 

Bambang menyampaikan, dengan adanya kegiatan perbaikan ini tentunya aktivitas pengangkutan komoditas dari Pulau Enggano seperti pisang akan dihentikan hingga perbaikan selesai dilaksanakan.

 

Sumber: