Curah Hujan Tinggi, Bencana Masih Menghantui

Curah Hujan Tinggi, Bencana Masih Menghantui

DOK/RK : GENANGAN : Genangan air yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi di Kabupaten Kepahiang--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang tetap diminta waspada dari sejumlah potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Apalagi curah hujan di Kabupaten Kepahiang masih cukup tinggi.

 

Belum lama ini akibat hujan deras  yang terjadi, bukan hanya di Desa Mekar Sari Kecamatan Kabawetan saja yang mengalami banjir, tapi banjir juga terjadi  di sejumlah desa lainnya. Seperti Desa Bandung Baru Kecamatan Kabawetan yang juga terdampak serta Desa Suro Baru Kecamatan Ujan Mas. 

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepahiang, Ir. Taufik menyampaikan, masyarakat Kabupaten Kepahiang diimbau untuk tetap waspada. Dengan kondisi curah hujan yang masih terbilang tinggi, maka potensi bencana Hidrometeorologi juga semakin besar. 

 

"Belum lama ini saja (9/11) sejumlah desa di Kepahiang mengalami banjir. Sebelumnya juga terjadi longsor di Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang serta Banjir Bandang di Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir," sampai Taufik. 

 

Kurun waktu 2 bulan terakhir saja, sedikitnya terjadi 6 kali peristiwa bencana alam akibat dari curah hujan yang tinggi. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam setiap peristiwa kebencanaan, pihaknya saat ini telah menyiagakan tim kebencanaan dan seluruh peralatan yang dibutuhkan.

 

"Tim dari BPBD Kepahiang sendiri sudah siap dalam hal menanggulangi ketika terjadi bencana. Kepada masyarakat Kepahiang juga jika terjadi bencana secepatnya melapor dengan kita sehingga kita bisa turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi dan tindaklanjutnya," demikian Taufik. 

 

BACA JUGA:Peluang Kabupaten Kepahiang Dilirik Investor Semakin Besar

 

Sumber: