Minimalisir Dampak Bencana, Masyarakat Dituntut Waspada

Minimalisir Dampak Bencana, Masyarakat Dituntut Waspada

--BPBD--

RK ONLINE - Cuaca ektrem yang terjadi belakangan ini mengakibatkan sejumlah titik bencana di wilayah Rejang Lebong. Salah satunya adalah bencana longsor yang terjadi di Desa Baru Manis Kecamatan Selupu Rejang. Bahkan longsor nyaris menimpa rumah milik warga sekitar.

 

 

Menyikapi potensi bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, BPBD Rejang Lebong mengimbau agar masyarakat bisa lebih waspada. Salah satunya bisa dilakukan dengan aktif memantau kondisi cuaca untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

"Kita mengajak seluruh masyarkat, khususnya kades maupun lurah untuk pro aktif terkait cuaca dan bencana. Jika memang ada potensi bencana bisa segera melaporkan ke BPBD, " kata Kalaska BPBD Rejang Lebong Drs. Shalahuddin.

 

 

Disisi lain ia juga mengingatkan kepada setiap relawan bencana yang sudah terbentuk dan tersebar di desa dan kelurahan agar tetap aktif dan peka terhadap bencana alam yang terjadi. Terlebih saat ini kondisi cuaca sangat buruk dan sewaktu-waktu terus berubah.

 

 

"Kami meminta kepada seluruh relewan bencana yang ada di desa dan kelurahan agar peka dan pro aktif, sehingga warga dan wilayah yang terkena bencana dapat dengan segera dilakukan evakuasi untuk menghindari korban jiwa, " tambahnya.

 

Sumber: