Benahi Layanan Dulu

Benahi Layanan Dulu

Begini tanggapan Dirut PDAM Kepahiang terkait laporan eks karyawan hingga terindikasi korupsi--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami Kabupaten Kepahiang berencana untuk menaikkan tarif air bersih, dari semula yakni Rp 950 rupiah per meter kubik. Menurut Plt. Direktur PDAM Tirta Alami Kabupaten Kepahiang, Arminsyah, SE, kenaikan tarif ini tidak serta merta dilakukan. Lantaran ada aturan terkait dengan penetapan tarif retribusi bagi daerah. Kemudian melalui proses sosialisasi terlebih dahulu, bahkan sekarang ini pihaknya survey ke sejumlah pelanggan terkait kepuasan terhadap pelayanan perusahaan plat merah tersebut. 

Dia melanjutkan, penetapan tarif air bersih ini diatur Permendagri dan Peraturan Gubernur Bengkulu. "Sejak tahun 2016 tarif air bersih ini tidak dilakukan penyesuaian, dimana tarifnya hanya Rp 950 per meter kubik, harga ini jauh lebih murah dibandingkan daerah lain. Namun, untuk menaikkan tarif air bersih ini perlu menunggu regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat, kemudian perlu sosialisasi," jelas Arminsyah.

Hanya saja, dikatakan Arminsyah, untuk mewujudkan penetapan kenaikan tarif air bersih tersebut harus diimbangi dengan memaksimalkan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan. Dimana saat ini pada beberapa wilayah seperti di wilayah Merigi-Ujan Mas distribusi air bersih masih belum maksimal, lantaran tak hanya mengalami pengurangan pasokan air tapi terjadinya kerusakan pipa utama.

"Sebenarnya fokus kita adalah meningkatkan pelayanan dulu, karena sebagian besar distribusi air bersih ini terhambat karena kerusakan pipa. Jika distribusi air sudah maksimal, barulah kita berani mengusulkan kenaikan tarif," kata Arminsyah. (rfm)

Sumber: