16 Ekor Sapi

16 Ekor Sapi

DOK/RK : Kepala Kantor Kemenag Kepahiang H. Lukman, S.Ag M.Hi--

RK ONLINE - Tingkat partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai hingga pelajar pada jajaran Kementerian Agama Kepahiang untuk melaksanakan ibadah kurban terus meningkat. Pada hari raya Idul Adha 1443 H/2022 ini total hewan kurban pada instansi vertikal itu mencapai 16 ekor. Hewan kurban ini dari Kantor Kemenag, Kantor Urusan Agama (KUA), hingga jajaran sekolah Madrasah dan pelajar.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, MH melalui Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas), Ridwan, S.Ag, Kamis (7/7). Dikatakannya, rencananya penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada H+1 hari raya Idul Adha di kantor Kemenag Kepahiang. "Allhamdulillah total hewan kurbanjajaran Kemenag dan Madrasah pada hari raya Idul Adha tahun ini mencapai total 16 ekor sapi, yang insya allah akan disembelih pada H+1 hari raya," kata Ridwan.

Dijelaskan, terkait dengan pelaksanaan hari raya kurban dan mengacu pada panduan Menteri Agama RI di tengah wabah PMK. "Pertama hewan kurban dalam keadaan sehat dan tidak cacat sesuai kriteria, patuhi teknis penyembelihan sesuai ketentuan syariat hingga pendistribusian daging kurban. Kemudian pastikan hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat," ucap Ridwan.

Berdasarkan imbauan tersebut, bagi umat Islam menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha hukumnya sunah muakadah. Namun, umat Islam diimbau tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah kurban pada masa wabah PMK ini. (rfm)

Sumber: