Apakah Harga Kopi Indonesia Dapat Bertahan Hingga Tahun 2025, Petani Kopi Wajib Tahu Prediksi Harga Kopi!

Apakah Harga Kopi Indonesia Dapat Bertahan Hingga Tahun 2025, Petani Kopi Wajib Tahu Prediksi Harga Kopi!

Berikut ini jawaban dari pertanyaan apakah harga kopi Indonesia dapat bertahan hingga tahun 2025 berikut dengan prediksi harga kopi untuk para petani kopi/Foto: Ilustrasi--Radarkepahiang.id

 

Meskipun Indonesia menjadi bagian dari daftar negara yang memproduksi kopi terbesar di dunia, masih ada beberapa negara lain yang memang level produksi kopinya jauh di atas Indonesia. Tapi belum lama ini beberapa negara seperti Brazil dan Vietnam yang notabenenya merupakan negara produsen kopi terbesar di dunia, mengalami perubahan cuaca yang menjadi petaka bagi petani kopi di 2 negara tersebut.

BACA JUGA:Sudah 4 Hari Harga Kopi di Kepahiang Bertahan Segini, Pembeli Siap Tawarkan Petani Kopi Harga Tertinggi

BACA JUGA:Naik Banyak di Awal Bulan, Ini Prediksi Harga Kopi Hingga Penghujung September

Di tengah tingginya angka permintaan kopi dunia, kedua negara ini malah mengalami penurunan jumlah produksi kopi. Sebagai dampak dari hal tersebut, harga kopi Indonesia mulai melejit dan mampu bersaing untuk memenuhi permintaan kopi dunia yang semakin lama semakin tinggi.

 

Apa yang terjadi di beberapa negara penghasil kopi robusta dan kopi arabika terbesar di dunia ini, banyak pihak yang menilai kalau prediksi harga kopi mahal seperti sekarang ini, mampu bertahan hingga akhir tahun 2024 nanti.

 

Harga kopi yang melambung tinggi ini pastinya menjadi keuntungan tersendiri bagi petani kopi Indonesia. Tidak hanya sampai akhir tahun 2024 ini saja, banyak pihak mengungkapkan kalau prediksi harga kopi mahal ini dapat dinikmati petani Indonesia hingga musim panen tahun 2025 nanti.

 

Sebab untuk kembali menghasilkan kopi dengan jumlah yang normal seperti biasanya, negara penghasil kopi robusta dan kopi arabika terbesar di dunia ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses pemulihan yang tidak segampang membalikan telapak tangan, diprediksi bakal membuat harga kopi Indonesia yang mahal ini dapat bertahan cukup lama.

BACA JUGA:Tingkatkan Pemasaran, Platform Belanja Online Ini Rangkul PMO Kopi Nusantara BUMN

BACA JUGA:Ekspor Kopi Indonesia Mendarat di Belanda, Sisa 15 Ton Lagi

Belum lama ini, harga kopi Indonesia yang berada di level tertinggi ini langsung menuai sorotan Presiden RI, Joko Widodo. Dikutip dari banyak channel Youtube yang beredar, Presiden Jokowi berharap, petani kopi dapat memanfaatkan situasi ini dengan cara meningkatkan jumlah produksi.

"Dalam hal ini, ada tanggung jawab pemerintah melalui kementerian pertanian dan adinas instansi terkait lainnya. Bagamana supaya hasil panen kopi petani kopi Indonesia, bisa meningkat. Pemerintah harus memberikan penyuluhan bagaimana cara merawat tanaman kopi hingga cara dan pola pemupukan yang baik," singkat Presiden Jokowi.

Sumber: