45 Siswa MAN 2 Kepahiang Ikuti ANBK Tahun 2024, Begini Tujuannya!

45 Siswa MAN 2 Kepahiang Ikuti ANBK Tahun 2024, Begini Tujuannya!

Puluhan siswa MAN 2 Kepahiang mengikuti ANBK tahun 2024--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK, sebanyak 45 siswa MAN 2 Kepahiang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK tahun 2024. 

 

ANBK ini sendiri merupakan bagian dari pemetaan mutu sistem pendidikan (sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar serta menengah) yang lebih praktis dilakukan.

BACA JUGA:Daftar Formasi CPNS Lulusan SMA Paling Diincar, Buruan Daftar Seleksi CPNS Tahun 2024 Sekarang Juga!

BACA JUGA:Belum Berubah, Segini Perkembangan Harga Kopi di Kepahiang Per 27 Agustus 2024

Kepala MAN 2 Kepahiang, Darwin, S.Ag mengatakan kalau tujuan dari ANBK ini, adalah untuk menilai mutu pendidikan di setiap sekolah di seluruh Indonesia, termasuk di MAN 2 Kepahiang

 

"Assesmen ini melibatkan beberapa komponen utama. Yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kemudian survei karakter, yaitu mengukur karakter dan nilai-nilai moral siswa," jelas Darwin.

 

Dia menjelaskan kalau peserta ANBK tahun 2024 ini, diseleksi melalui sistem Emis di pusat secara random. ANBK tahun 2024 ini sambung Darwin, diikuti oleh 45 siswa MAN 2 Kepahiang. Selain itu, terdapat 5 siswa MAN 2 Kepahiang yang ditetapkan sebagai peserta cadangan. 

BACA JUGA:Tarif Uji KIR Kendaraan Resmi Dihapuskan, Dinas Perhubungan Kepahiang Tetap Buka Layanan Uji Kelayakan Kendara

BACA JUGA:Harga Kopi Naik Rp 63 Ribu, Petani Kopi Lampung Pilih Langkah Ini Untuk Antisipasi Merugi

"Kita berharap pelaksanaan ANBK melibatkan seluruh siswa, jangan hanya diambil secara random. Karena siswa yang tidak ikut ANBK, sepertinya menimbulkan efek negatif seperti bermalas-malasan belajar. Begitu juga dengan peserta ANBK, banyak yang tidak serius, tidak sesuai dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan," demikian Darwin.

Sumber: