Perbaikan Lampu Jalan Utama di 8 Kecamatan Terkendala Anggaran, Dinas Perhubungan Usulkan Tenaga Surya

Perbaikan Lampu Jalan Utama di 8 Kecamatan Terkendala Anggaran, Dinas Perhubungan Usulkan Tenaga Surya

Perbaikan lampu jalan utama terkendala anggaran sehingga diusulkan menggantikannya dengan lampu jalan tenaga surya oleh Dinas Perhubungan Kepahiang.--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Rencana Dinas Perhubungan Kepahiang untuk melakukan perbaikan lampu jalan utama terkendala anggaran. Terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Kepahiang saat ini, mengakibatkan rencana pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Utama (LPJU) Dinas Perhubungan Kepahiang terkendala.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kepahiang, Febrian Hendra, S.Sos menjelaskan jika tahun anggaran 2024 ini, anggaran dana untuk pemeliharaan atau perbaikan lampu jalan utama kurang dari Rp 50 juta. Sementara dari total seluruh lampu jalan utama yang ada di Kabupaten Kepahiang, hampir semuannya membutuhkan perbaikan.

BACA JUGA:Sampai Rp 80 Ribu/Kg, Begini Prediksi Harga Kopi Hingga Akhir Tahun 2024 Nanti

BACA JUGA:Efisiensi Anggaran, Pemkab Kepahiang Dukung DPRD Bahas APBD Perubahan TA 2024

Sebab menurut pria yang biasa disapa Bule ini, dari 1.300 titik lampu jalan utama yang ada di Kabupaten Kepahiang, sekitar 60 persen dalam kondisi rusak karena sudah bertahun-tahun lamanya.

 

"Dengan anggaran yang tersedia itu, hanya dapat dilakukan untuk memperbaiki lampu jalan utama sepanjang jalan protokol saja. Sementara dari total 1.300 lampu jalan yang ada, sebagian besarnya dalam kondisi rusak dan butuh perbaikan," ujar Bule.

BACA JUGA:Hari Ini Harga Kopi di Kepahiang Naik Lagi, Faktor Dolar Melemah!

BACA JUGA:Usulan Dinas Perhubungan Ditolak, Perda PDRD yang Disahkan Tak Berdampak Pada Peningkatan PAD Parkir Kendaraan

Dia memastikan jika untuk memperbaiki sebagian besar kerusakan lampu jalan utama tersebut, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karena kerusakan yang bervariasi seperti patah tiang, bohlam hingga timer switch, mengakibatkan perbaikan lampu jalan dapat menyedot dana yang tidak sedikit.

 

Bukan cuma itu saja, dia mengungkapkan kalau beberapa waktu yang lalu, Dinas Perrhubungan Kepahiang sempat mengusulkan agar 1.300 titik lampu jalan utama tersebut, diganti dengan LPJU tenaga surya. Usulan ini disampaikan dengan harapan bisa lebih hemat anggaran.

 

Sumber: