Sampai Rp 80 Ribu/Kg, Begini Prediksi Harga Kopi Hingga Akhir Tahun 2024 Nanti

Sampai Rp 80 Ribu/Kg, Begini Prediksi Harga Kopi Hingga Akhir Tahun 2024 Nanti

Beberapa faktor yang membuat prediksi harga kopi sampai akhir tahun 2024 yang diperkirakan mencapai Rp 80 ribu/Kg.--Istimewah

Radarkepahiang.id - Prediksi harga kopi hingga akhir tahun 2024 ini diprediksi mencapai 80 ribu/Kg. Dengan adanya dampak dari perubahan iklim di negara yang tercatat sebagai produsen kopi terbesar di dunia, membuat harga kopi milik petani kopi Indonesia perlahan naik dan semakin tinggi.

Bahkan dengan berbagai faktor yang mendasar, prediksi harga kopi hingga akhir tahun 2024 ini diperkirakan bisa mencapai Rp 80 ribu/Kg.

BACA JUGA:Hari Ini Harga Kopi di Kepahiang Naik Lagi, Faktor Dolar Melemah!

BACA JUGA:Harga Kopi Diprediksi Bakal Naik Terus, Petani Kopi Tingkatkan Produksi Menggunakan Teknik Okulasi

Informasi sebelumnya, harga kopi yang saat ini melejit tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu, disebabkan oleh negara produsen kopi terbesar di dunia dilanda gagal panen. Hal ini kemudian membuat angka konsumsi kopi, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah produksi kopi dunia.

 

Tidak heran jika ketidakselarasan produksi dengan konsumsi kopi ini, membuat permintaan ekspor kopi Indonesia semakin tinggi dan membuat membuat harga kopi Indonesia jauh lebih mahal lagi.

 

Di sisi lainnya, hasil panen kopi tahun 2023 yang tidak maksimal juga disebut-sebut sebagai salah satu faktor penyebab harga kopi semakin mahal. Hal itu dikarenakan curah hujan pada tahun 2023 yang telalu tinggi, menyebabkan bunga kopi yang akan menjadi bakal buah berjatuhan.

 

Seperti diungkapkan oleh penggiat kopi di Jalan Sidodadi, Kota Banjarbaru, Dwi Putra Kurniawan. Dia mengatakan kalau tahun 2023 lalu, produksi kopi tidak masimal. Namun menurutnya, awal tahun 2024 terjadi peningkatan sebanyak 20 persen hingga 25 persen.

BACA JUGA:Produksi Minim, Harga Kopi dan Permintaan Konsumen Kopi Makin Tinggi

BACA JUGA:Perhatikan Baik-Baik, Beberapa Hal Ini yang Dapat Membuat Gempa Megathrust 8,9 SR Bakal Jadi Kenyataan

"Karena adanya keseimbangan antara panas dan hujan, tahun 2024 insyaallah kopi kita di Kalsel akan mekar kembali. Prediksi kami, produksi akan lebih meningkat," katanya dikutip dari Redaksi 8, Rabu 21 Agustus 2024.

Sumber: