Buntut Kasus ODGJ, Dinsos Kepahiang Mendadak Dibanjiri Laporan Tentang Orang Gila

Buntut Kasus ODGJ, Dinsos Kepahiang Mendadak Dibanjiri Laporan Tentang Orang Gila

Buntut Kasus ODGJ, Dinsos Kepahiang Mendadak Dibanjiri Laporan Tentang Orang Gila--Jimmy Mayhendra

Buntut Kasus ODGJ, Dinsos Kepahiang Mendadak Dibanjiri Laporan Tentang Orang Gila

RK ONLINE - Peristiwa tragis yang dilakukan oleh RZ, ODGJ asal Simpang Kota Bingin, Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, terhadap Yodes, warga Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong ternyata menimbulkan dampak yang luas bagi masyarakat Kabupaten Kepahiang, khususnya masyarakat di Kecamatan Ujan Mas dan Merigi.

Bagaimana tidak, sebagai buntut dari kasus ODGJ yang mengamyuk dan merenggut nyawa warga tersebut, masyarakat Kepahiang mulai mengalami sejumlah kekhawatiran terkait ODGJ. 

Sehingga Dinas Sosial (Dinsos) Kepahiang belakangan ini diketahui sempat kewalahan dan karena dibanjiri laporan tentang keberadaan ODGJ. 

BACA JUGA:Pasien Diabetes Nyaris 1.000 Orang, Dinkes Kepahiang Beri Peringatan dan Pesan Untuk Masyarakat Kepahiang

Kepala Dinsos Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd mengatakan kalau terhitung sejak peristiwa pembunuhan itu terjadi, Dinsos sudah menerima banyak laporan dari masyarakat terkait ODGJ yang kerap berkeliaran dan dikhawatirkan akan membahayakan keamanan masyarakat.

"Sudah ada beberapa laporan yang masuk, rata-rata laporan ini karena masyarakat khawatir banyaknya ODGJ yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal mereka," ujar Helmi.

Menanggapi laporan ini, Helmi mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pantauan langsung ke lokasi yang dimaksud dan memeriksa ODGJ yang bersangkutan. 

Hanya saja memang dirinya juga berharap adanya pengertian masyarakat, sebab waktu dan personel yang dimiliki oleh Dinsos jumlahnya terbatas, sehingga tidak bisa dilakukan secara serentak.

BACA JUGA:Sebelum Membunuh Hingga Memakan Otak Korban, ODGJ di Kepahiang Sempat Sandera Korban, Begini Ceritanya!

"Mengingat jumlah personel dan waktu kita terbatas, apalagi kejadian itu terjadi pada hari Minggu yang mana kami sedang dalam kondisi libur. Sehingga kami belum bisa mengatasi semua keluhan, tapi kami akan segera tanggapi semuanya," lanjutnya.

Hingga Senin 25 Maret 2023, informasi terkait kasus pembunuhan terhadap Yodes dengan terduga pelaku Rz, seorang pria yang diduga ODGJ di Kepahiang masih sangat dinantikan oleh masyarakat.

Bagaimana tidak, peristiwa pembunuhan yang diwarnai pula dengan dugaan tindakan-tindakan sadis ini, benar-benar keji dan sampai di luar nalar manusia pada umumnya. 

BACA JUGA:Kronologis Lengkap Kasus Amukan ODGJ Hingga Memakan Otak dan Potong Tangan Korban yang Tewas

Sumber: