Ternyata Ini Alasan Mengapa Hutan Hujan Amat Penting untuk Bumi Kita

Ternyata Ini Alasan Mengapa Hutan Hujan Amat Penting untuk Bumi Kita

Ternyata Ini Alasan Mengapa Hutan Hujan Amat Penting untuk Bumi Kita--Radarkepahiang.id

Ternyata Ini Alasan Mengapa Hutan Hujan Amat Penting untuk Bumi Kita

RK ONLINE - Hutan hujan tropis adalah salah satu ekosistem paling kaya dan penting di Bumi. Mereka menutupi sebagian besar wilayah tropis di dunia dari Amerika Selatan hingga Asia Tenggara dan Afrika. 

Namun sayangnya, hutan hujan menghadapi ancaman serius akibat deforestasi yang berlebihan, pembalakan liar dan perubahan iklim. Penting bagi kita untuk memahami mengapa hutan hujan sangat krusial bagi keseimbangan ekosistem Bumi kita.

Berikut ini 5 alasan kenapa hutan hujan sangat penting bagi keberlangsungan ekositem:

BACA JUGA:Daftar Hadir ASN Kepahiang Mulai Didata Satpol PP, Termasuk THL!

1. Keanekaragaman Hayati yang Luar Biasa

Salah satu alasan utama mengapa hutan hujan sangat penting adalah karena keanekaragaman hayati yang luar biasa. Mereka adalah rumah bagi jutaan spesies tanaman dan hewan yang belum teridentifikasi. 

Hutan hujan menghasilkan sebagian besar oksigen yang kita hirup dan menyimpan sejumlah besar karbon dioksida, membantu mengurangi laju pemanasan global.

2. Regulasi Iklim Global

Hutan hujan tropis memiliki peran vital dalam mengatur iklim global. Mereka berfungsi sebagai penyimpan karbon alami yang besar, menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan membantu menjaga keseimbangan gas rumah kaca. 

Tanpa hutan hujan, tingkat karbon dioksida di atmosfer akan meningkat secara signifikan, berdampak buruk pada perubahan iklim yang lebih cepat dan ekstrem.

BACA JUGA:Segera Pencairan, Berkas Usulan Pencairan DD ADD 35 Desa Ini Sudah di BKD Kepahiang

3. Perlindungan Terhadap Banjir dan Erosi Tanah

Hutan hujan juga memainkan peran penting dalam menjaga siklus air dan mencegah bencana alam seperti banjir dan erosi tanah. 

Sumber: