Mengapa Kita Lebih Lapar Saat Cuaca Dingin, Ini Penjelasannya!

Mengapa Kita Lebih Lapar Saat Cuaca Dingin, Ini Penjelasannya!

Mengapa Kita Lebih Lapar Saat Cuaca Dingin, Ini Penjelasannya!/--www.istockphoto.com

Mengapa Kita Lebih Lapar Saat Cuaca Dingin, Ini Penjelasannya!

RK ONLINE - Apakah Anda sering merasa lapar saat cuaca dingin, mendung, atau hujan? Ternyata, fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Meskipun cuaca dingin membuat kita merasa ingin makan lebih banyak, penelitian belum sepenuhnya menjelaskan fenomena ini.

 

Nutrisionis Susie Burrell menjelaskan bahwa meskipun cuaca mungkin terasa dingin, tubuh sebenarnya tidak membutuhkan kalori tambahan secara signifikan. Meski begitu, ada kemungkinan bahwa perubahan hormonal dalam tubuh juga mempengaruhi nafsu makan kita.

BACA JUGA:Tips Hidup Sehat, Ternyata Ini Penyebab Gigi Nyilu dan Cara Mengatasinya

Sebuah penelitian di jurnal Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa hormon leptin, yang bertanggung jawab atas rasa lapar, cenderung meningkat saat suhu turun.

 

Namun, penelitian lain di jurnal Frontiers in Neuroscience menyatakan bahwa fluktuasi hormon leptin dan ghrelin tidak selalu berkaitan dengan musim dingin.

 

Menurut nutrisionis Bri Bell, mungkin ada sedikit peningkatan kebutuhan energi saat cuaca dingin. Proses pencernaan makanan juga dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga tubuh memberi sinyal untuk makan lebih banyak demi menjaga kehangatan.

BACA JUGA:Cara dan Tips Mudah Mengatasi Kelelahan dan Mengantuk Pagi Hari, Buktikan Sekarang!

Meskipun belum ada kesimpulan yang pasti, pemahaman ini memberikan gambaran tentang hubungan antara cuaca dingin dan nafsu makan. Dengan memahami faktor-faktor ini, kita dapat lebih baik mengelola pola makan kita, terutama saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Sumber: