Kemeriahan dan Kebhinekaan di Berbagai Daerah Jadi Tradisi Menyambut Ramadhan

Kemeriahan dan Kebhinekaan di Berbagai Daerah Jadi Tradisi Menyambut Ramadhan

Kemeriahan dan Kebhinekaan di Berbagai Daerah Jadi Tradisi Menyambut Ramadhan/--phinemo.com

Kemeriahan dan Kebhinekaan di Berbagai Daerah Jadi Tradisi Menyambut Ramadhan

RK ONLINE -Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia tidak hanya memiliki keragaman budaya, tetapi juga tradisi-tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadan. Mari kita lihat beberapa tradisi menarik dari berbagai daerah di Indonesia:

 

1. Aceh - Meugang

Meugang atau Haghi Mamagang merupakan tradisi khas Aceh yang dilaksanakan menjelang bulan Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Biasanya, masyarakat membeli atau menyembelih daging untuk disantap bersama keluarga dan tetangga, menciptakan suasana gembira dan penuh antusiasme.

BACA JUGA:Sambut Datangnya Bulan Ramadhan Dengan Doa dan Persiapan Spiritual Ini, Puasa Makin Berkah!

2. Bengkulu (Suku Serawai) - Nujuh Likur

Tradisi Nujuh Likur dilakukan oleh Suku Serawai di Bengkulu, yang melibatkan penyusunan tempurung kelapa sebagai simbol rasa syukur. Tradisi ini diwariskan dari leluhur mereka dan dianggap sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan.

 

3. Jawa Tengah - Nyadran

Masyarakat Jawa Tengah menjalankan tradisi Nyadran, yaitu ziarah kubur secara berkelompok sebelum bulan Ramadan. Acara ini melibatkan pembacaan Al-Quran, berzikir, tahlilan, doa bersama, dan makan bersama dengan hidangan tradisional.

BACA JUGA:Puasa Tapi Lupa Mandi Junub, Apakah Sah?

4. Jawa Barat - Munggahan

Munggahan adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat sebelum bulan Ramadan. Mereka berkumpul untuk piknik, makan bersama, ziarah kubur, dan membersihkan tempat ibadah sebagai persiapan menyambut bulan suci.

Sumber: